Penghargaan Untuk Ramah Anak
Ragam

Pemkot Berikan Penghargaan bagi Sekolah Ramah Anak

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Pemerintah Kota Pekalongan menyerahkan trophy dan piagam pemenang evaluasi Sekolah Ramah Anak, Forum Anak Kelurahan, dan Gender Champions di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (2/12/2020). Penghargaan ini sebagai upaya pemerintah untuk mendukung perlindungan anak di Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE mengungkapkan bahwa Sekolah Ramah Anak merupakan satuan pendidikan yang harus memenuhi unsur aman, bersih dan sehat, serta peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak, dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya. “Pemkot melalui DPMPPA juga telah melakukan evaluasi Forum Anak Kelurahan Kota Pekalongan yang selama ini menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak,” tutur Saelany.

Menurut Saelany, inilah bukti komitmen Pemerintah Kota Pekalongan dalam mewujudkan Kota Layak Anak, sehingga ke depan diharapkan tidak ada lagi kekerasan terhadap anak, maupun kekerasan lainnya yang berbasis gender.

Sementara itu, Plt Kepala DPMPPA setempat, Soesilo SH menjelaskan, persentase Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu indikator evaluasi Kota Layak Anak yang dilakukan secara periodik oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP dan PA), begitu pula Forum Anak. “Evaluasi Forum Anak Kelurahan dilaksanakan agar Pemerintah di tingkat Kelurahan mempunyai komitmen dalam mendampingi program-program pemenuhan dan perlindungan hak anak serta mendorong dan menfasilitasi anak melalui forum anak yang berperan sebagai 2P yakni Pelopor dan Pelapor,” kata Soesilo.

Kepala Bidang PP dan PA DPMPPA, Nur Agustina SPsi MM menyebutkan pemenang SRA Jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak yakni Juara 1 TK Ma’had Islam Pekalongan, Juara 2 TK Satyawiguna Pekalongan, dan Juara 3 TK Al-Irsyad Pekalongan. Pemenang Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar yakni Juara 1 SDN Tirto 1 Pekalongan, Juara 2 SDN Sapuro 5 Pekalongan, dan Juara 3 SDN Bendan 08 Pekalongan. Pemenang Jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Pertama yakni Juara 1 SMPN 2 Pekalongan, Juara 2 SMP Pius Pekalongan, dan Juara 3 SMPN 12 Pekalongan. Kemudian pemenang Jenjang Pendidikan Sekolah Menegah ATas/ Kejuruan yakni Juara 1 SMAN 4 Pekalongan, Juara 2 SMAN 1 Pekalongan, Juara 3 SMKN 2 Pekalongan.

“Untuk pemenang Evaluasi Forum Anak Kelurahan yakni Juara 1 Kelurahan Podosugih, Juara 2 Kelurahan Banyurip, Juara 3 Kelurahan Padukuhan Kraton, dan Juara Harapan Kelurahan Sapuro Kebulen. Selanjutnya pemilihan Gender Champions Kota Pekalongan Tahun 2020dalam rangka Pengarusutamaan Gender di Kota Pekalongan melalui perwujudan kesetaraan gender yakni Juara 1 Dr Trianah Sofiani SH MH (Pegiat Gender IAIN Pekalongan), Juara 2 Mustafidah (Pegiat Serikat PEKKA Pekalongan), Juara 3 Yuyuk Umbang Wurini (Pegiat Pemberdayaan Perempuan/ PKK Kelurahan Jenggot), dan Juara Harapan Sunaryo, SPd (Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat),” papar Agustin.

Ketua Gugus Sekolah Ramah Anak SMAN 4 Pekalongan, Winardi mengaku telah mempersiapkan hal yang menjadi indikator penilaian. “Kami mendapat edaran dari DPMPPA, selama satu minggu kami siapkan paparan berupa video dan sebagainya. Indikator yang dinilai tak hanya komponen pembelajaran namu juga sarana prasarana, kurikulum, dan aktivitas anak. Ditambah lagi saat ini di tengah pandemi aktivitas seperti apa yang dilakukan anak selama pandemi dengan pembelajaran jarak jauh. Dari sekolah juga membantu subsidi kuota dan bantuan bagi anak yang kesulitan gadget untuk pembelajaran jarak jauh,” pungkas Winardi. (HL/Tim)

Related posts

TMMD Kodim Pekalongan Muluskan Jalan Lolong-Mendolo

Widodo

Halal Bi Halal Keluarga Besar Lindu Aji Pekalongan

Hadi Lempe

ASN Harus Jadi Teladan Pencegahan Covid-19

Hadi Lempe

Walikota Malang Buka Kejuaraan Renang Tingkat Pelajar

Widodo

Puluhan ASN Luar Daerah Ikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Kota Pekalongan

Widodo

Groundbreaking,16 WTP Sempadan Kali Lodji Dapat Bantuan Hibah Rumah Baru

Hadi Lempe

Leave a Comment