Ekonomi

Pemkot Buka Posko PPKM di Pasar Tradisional

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng- Untuk menekan kasus penularan Covid-19, Satgas Covid-19 Kota Pekalongan akan membentuk posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di pasar-pasar tradisional. Hal ini dilakukan untuk memastikan perekonomian tetap berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

Walikota Pekalongan sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid,SE mengungkapkan bahwa rencana pembuatan posko PPKM di pasar tersebut telah dikoordinasikan dengan jajaran kepolisian dan TNI serta instansi lainnya untuk memastikan pedagang maupun pengunjung tetap menerapkan standar protokol kesehatan sesuai dengan penanganan pandemi Covid-19. Dalam kebijakan PPKM ini, pemerintah melakukan pelonggaran terhadap pusat perekonomian seperti pasar tradisional yang diperbolehkan beroperasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat .

“Karena sektor pasar ini yang dari awal PPKM tetap buka dan kami pantau masih ramai. Selain itu, kami juga melihat beberapa pedagang maupun pembeli masih ada yang belum memakai masker. Ini yang akan kami genjot melalui tracing mereka terutama para pedagang pasar yang belum divaksin akan divaksin,” tutur Aaf

Menurut Aaf, pihaknya akan menentukan pasar mana yang akan dijadikan contoh posko PPKM di pasar dengan melakukan survey di lapangan bersama tim Satgas Covid-19 lainnya. Dalam posko PPKM di pasar itu dengan menerapkan One Gate System untuk membatasi pengunjung. Kemudian, melakukan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk pasar, menyiapkan lokasi cuci tangan, membagikan masker, pengaturan jaga jarak antar-pedagang, hingga vaksinasi mobile dalam rangka percepatan pembentukan Herd Immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Covid-19.

“Kami akan membuka posko di pasar ini,dengan menentukan terlebih dahulu pasar mana yang menjadi percontohan. Mudah-mudahan semua bisa lancar dan ikhtiar kita bersama menurunkan angka Covid-19 di Kota Pekalongan berjalan maksimal,” ujarnya.(HL/Dyfa)

Related posts

E-Retribusi Pasar Akan Diterapkan Guna Hindari Kebocoran

Hadi Lempe

Dindagkop UKM Kota Pekalongan Bakal Gelar Pelatihan Ekspor Bagi Pelaku UMKM

Hadi Lempe

Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket Bansos untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Hadi Lempe

Tinjau Ex Pasar Banjarsari, Pemkot Upayakan Penyelesaian Sisi Hukum

Hadi Lempe

Pemkot Salurkan Bantuan Kepada Para Pedagang

Hadi Lempe

Musrenbang Penyusunan RKPD 2020 Wujudkan Kota Pekalongan Yang Mandiri, Sejahtera, dan Berbudaya

Widodo

Leave a Comment