Walikota Pekalongan
Technology

Pemkot Dorong Wirausaha Pemula Di Latih Digital Marketing

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Sebanyak 32 wirausaha pemula di Kota Pekalongan mengikuti program pendidikan dan pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Dindagkop-UKM) berlangsung selama 3 hari, Senin-Rabu (7-9/3/2022). Pembukaan pelatihan dilakukan secara langsung oleh Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid, bertempat di Hotel Dafam Kota Pekalongan, Senin (7/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Walikota Pekalongan menyambut baik adanya pelatihan kewirausahaan bagi wirausaha pemula, dimana mayoritas peserta merupakan kaum milenial. Menurutnya, di zaman serba digital ini para wirausaha atau UMKM tidak lagi kesulitan untuk memasarkan produknya. Sehingga, diharapkan mereka bisa memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan omzet usahanya.

“Melihat produk mereka (wirausaha) luar biasa, sudah memenuhi standar, bagus dan eye catching. Tinggal masalahnya adalah memasarkan. Sekarang lebih kita tekankan untuk pemasaran online. Dengan adanya digital marketing maupun media sosial bisa dimanfaatkan untuk memasarkan prudukny.” ujar Aaf.

Aap juga menegaskan para wirausaha pemula yang kebanyakan kaum milenial ini dituntut harus melek teknologi dan semakin kreatif inovatif dalam mengembangkan produk-produk usaha mereka. Terlebih, dirinya juga mendorong agar wirausaha pemula ini tetap mengutamakan menjaga kualitas produknya. Jangan sampai apa yang ditulis, ditampilkan atau dipasarkan melalui online tidak sesuai dengan kenyataannya.

“Jangan sampai konsumen kecewa, karena ternyata yang dipesan tidak sesuai dengan harapan, dan selanjutnya tidak akan pesan lagi (repeat order). Kami berharap, mereka bisa memanfaatkan pelatihan kewirausahaan selama 3 hari ini agar omset mereka semakin meningkat dan bisa membantu pemulihan ekonomi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, menyebutkan bahwa, pelatihan kewirausahaan tersebut diikuti 32 wirausaha pemula dari berbagai sektor usaha, seperti makanan, minuman, maupun kerajinan yang berminat untuk mengembangkan usahanya. Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dindagkop-UKM siap mendampingi dan memfasilitasi pengembangan usaha mereka baik melalui berbagai pelatihan maupun pendampingan lain agar usaha mereka bisa semakin laku di pasaran.

“Kita mendorong mereka untuk bisa memajukan usaha melalui pelatihan seperti menajemen usaha, bagaimana cara mengakses dana hibah dan cara kredit usaha rakyat (KUR) supaya mereka lebih mengerti,”

“Alhamdulillah saat ini tidak ada keluhan-keluhan. Mereka kebanyakan minta pendampingan Dindagkop-UKM untuk memfasilitasi pelatihan digital marketing, pelatihan pengembangan dan pemasaran usahanya, dan sebagainya. Usaha mereka sudah mulai bangkit kembali,” tegasnya.

Pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Dindagkop-UKM ini disambut baik oleh salah satu peserta, Nabila, seorang wirausaha muda di bidang kerajinan rajut asal Kota Pekalongan. Ia mengaku senang bisa mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan tersebut. Selama ini dirinya sudah mencoba memasarkan produk usahanya melalui digital marketing maupun media sosial.

“Usaha Saya membuat kerajinan rajut yang dibuat menjadi tas, sepatu, dompet, strap mask dan sebagainya yang sudah dimulai sejak 2016 lalu. Saya senang bisa ikut turut serta mengikuti pelatihan kewirausahaan ini agar dapat menunjang kemajuan usaha Saya ke depan,” Ujarnya.( HL/Tim)

Related posts

Dinkominfo Beri Dukungan Akses Internet untuk Kegiatan Vaksinasi

Hadi Lempe

Facebook Says It’s Policing Fake Accounts. But They’re Still Easy to Spot

Dedi Ariko

Saudi Money Fuels the Tech Industry. It’s Time to Ask Why

Dedi Ariko

How We Used VR to Explore What Music Feels Like to a Deaf Person

Dedi Ariko

Mountain of Debt Casts Shadow Over Broadcom-Qualcomm Deal

Dedi Ariko

A.I. Researchers Leave Elon Musk Lab to Begin Robotics Start-Up

Dedi Ariko

Leave a Comment