Ragam

Pemkot Pekalongan Resmikan RPH Kertoharjo

Kota Pekalongan garudacitizen jateng Rumah Potong Hewan (RPH) Kertoharjo yang berada di Kompleks Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan mulai dioperasionalkan.Peresmian Rumah Potong Hewan di hadiri Wali Kota Pekalonga, HM Saelany Machfudz SE berkesempatan meresmikan RPH Kertoharjo, Sabtu (1/8/2020).

Peresmian soft opening RPH Kertoharjo Kota Pekalongan ini sekaligus menandai dimulainya relokasi RPH Panjang Wetan. RPH Panjang Wetan saat di nilai kurang memadai, hal itu dikarenakan lokasi RPH Panjang Wetan sudah terdampak rob.

Usai peresmian Walikota menyampaikan bahwa RPH Kertoharjo kini sudah dapat beroperasional mulai tahun ini. Menurutnya RPH lama sudah tidak layak digunakan, karena untuk pembuangan kotoran dengan adanya rob di khawatirkan akan menggangu lingkungan.

“Kota Pekalongan menjadi salah satu poros di pantura, mudah-mudahan dengan di bangunya RPH Kertoharjo ini kebutuhan daging di Kota Pekalongan bisa tercukupi. Selain itu masyarakat dan para pengusaha dapat memotong hewan ternaknya di RPH Kutoharjo. ” papar Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Zainul Hakim SH MHum menerangkan, bahwa dengan diresmikannya RPH Kertoharjo oleh Walikota Pekalongan, setelah sarana dan prasarana di sini sempurna.
Dinperpa akan menutup RPH Panjang Wetan. “Kondisi RPH Panjang Wetan memang sudah tak layak atau tak ASUH lagi. Terkait dengan RPH Kuripan Kidul, karena jaraknya dekat maka akan kami arahkan pemotongan hewan di RPH Kertoharjo,” terang Hakim.

Terkait dengan Tempat Pemotongan Hewan (TPH) milik perseorangan atau swasta juga akan di arahkan menggunakan fasilitas RPH Kertoharjo. Untuk mengembangkan RPH Kertoharjo pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Polres Pekalongan Kota untuk sosialisasi dan edukasi. “Dengan langkah ini saya berharap daging asal Kota Pekalongan hiegenis dan aman dikonsumsi masyarakat,” pungkas Hakim. (hl)

Related posts

Jalan Sehat Bersama Peringati Harlah Nahdlatul Ulama ke-94

Widodo

Dinkes Ingatkan Masyarakat Jeli Dalam Membeli Makanan dan Minuman Cepat Saji

Hadi Lempe

Program Anak Tangguh Kampung Tangguh Bantu Atasi Stunting dan Penularan Covid-19

Hadi Lempe

TMMD Tahap II 2020 Sasar Setono

Hadi Lempe

Peringati HAN 2020, DP3AKB Jawa Tengah Distribusikan Bantuan Paket Pemenuhan Kebutuhan Spesifik Anak dan Perempuan Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Ketua Persit KCK Cabang L Kodim 0735/Surakarta Kunjungi Posko Pam Lebaran

Widodo

Leave a Comment