Pemkot Pekalongan
Ragam

Pentingnya Pemanfaatan Satu Data Kependudukan Untuk Pembangunan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Dalam rangka mengakselerasi pencapaian pelaksanaan Satu Data, maka sangat dibutuhkan pemahaman yang menyeluruh dan kesepakatan komitmen dari pihak terkait untuk dapat melaksanakan peran statistik di masing-masing bidang, seperti: statistik dasar, statistik sektoral, maupun statistik khusus. Untuk itu, perlu secara konkret dilaksanakan program Satu Data pada setiap unit kerja. Pemahaman terkait satu data juga harus diimbangi pula dengan mengapa dan bagaimana pemanfaatan satu data, agar dapat dipergunakan secara optimal untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan. Demikian disampaikan Walikota Pekalongan,HM Saelany Macfudz,SE saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi (rakor) Konsolidasi Data SP2020: Pemanfaatan Satu Data Kependudukan Untuk Pembangunan yang diinisiasi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekalongan di Hotel Horison Pekalongan, Rabu(16/12/2020).

“Satu data termasuk keinginan sejak dahulu yang terus kami upayakan, namun beberapa OPD juga melakukan pendataan, sehingga tidak sinkron pendataannya. Satu Data menjadi hal yang harus di-optimalkan agar pelaksanaan kebijakan pemerintah dapat berjalan sesuai kebutuhan dan program kegiatan, agar tidak terjadi kesimpang-siuran data dari berbagai kementerian maupun lembaga, ataupun OPD,” ucap Saelany.

Dituturkan Saelany, seiring dengan amanah Presiden terkait Reformasi Birokrasi, dan semakin banyaknya tuntutan ketersediaan data oleh pengguna data, serta kesadaran satuan kerja sendiri untuk menghasilkan data yang berkualitas. Maka, setiap satuan kerja harus melakukan segala upaya perubahan untuk menjawab kebutuhan semua stakeholder. Menurutnya, mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data, yang berisi kebijakan tata kelola dan tata pemerintahan, telah dikeluarkan guna menghasilkan data yang berkualitas. Sekaligus menargetkan tercapainya prinsip, bahwa seluruh proses pengumpulan data harus menggunakan satu standar data, satu metadata, dan menggunakan kode referensi yang sama, sehingga data yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sekarang mengharuskan adanya sinkronisasi melalui peraturan Presiden no 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia dan perda serta perwal nya juga sudah ada sehingga jika ingin mengetahui angka kemiskinan maupun ekonomi dan lainnya hanya terdapat satu data dan yang bertugas mengkomunikasikan data tersebut dari Dinas Kominfo. Untuk itu, kami harapkan adanya dukungan dan sinergi dari seluruh aparatur pemerintah agar dapat berpartisipasi aktif dalam mewujudkan Satu Data Kependudukan, demi kemajuan Negara kita Indonesia, khususnya juga di Kota Pekalongan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kota Pekalongan,Drs Rahyudin MSi, dalam mewujudkan Satu Data Kota Pekalongan, BPS nantinya akan meningkatkan koordinasi antar instansi terkait dengan mendatangi ke OPD untuk melakukan pembinaan tentang kaidah-kaidah mengolah data sehingga dapat dibandingkan dengan daerah lain.

“Sejak adanya Perpres no 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia, bps ditunjuk sebagai pembinanya, selama ini ada banyak data, kalaupun ada tidak sama dan belum sinkron. Sehingga,ini menjadi PR kami ke depan bagaimana bisa mewujudkan Satu Data yang akan kami mulai di tahun 2021 terlebih sudah ada Perwal dan dibentuk Forum Satu Data bersama jajaran dinas terkait, sehingga data yang tadinya belum sinkron, nantinya akan bisa diakses hanya di satu portal data yang didalamnya sudah terfilter dan aman serta selalu di update. Dengan begitu, Satu Data Kota Pekalongan akan bisa segera terwujud,” tandasnya. (HL/Tim)

Related posts

Menengok Kondisi Banjir di Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Pemkot Pekalongan Dorong Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat

Hadi Lempe

Penataan Arus Lalin, Dishub Evaluasi Jalan Satu Arah Perkotaan

Hadi Lempe

Jumlah Pencari Kerja di Kota Pekalongan Meningkat

Hadi Lempe

Tim Jibom Brimob Sterilisasi Gereja di Wilayah Kabupaten Pekalongan

Widodo

Benahi Sektor Wisata, Pemkot Latih Pemandu Wisata

Hadi Lempe

Leave a Comment