Vaksin Boster 2
KesehatanRagam

Penyuntikan Vaksinasi Booster Kedua, Sasar Masyarakat

Kota Pekalongan Garudacitizen Jaten – Upaya membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 Inklusif, Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) melalui Save the Children dan Migrant Care menggandeng sejumlah komunitas terus menggiatkan kegiatan vaksinasi massal yang menyasar masyarakat rentan di Kota Pekalongan. Dengan menggelar vaksinasi jemput bola di wilayah Sampangan, Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Senin (13/2/2023).

Puluhan warga di wilayah tersebut selain disasar penyuntikan vaksinasi dosis 1,2, dan 3 atau dosis booster pertama, Migrant Care bekerjasama dengan Puskesmas Klego memfasilitasi penyuntikan dosis ke-4 atau booster kedua. Warga pun terlihat antusias menyambut baik dan menerima penyuntikan vaksinasi yang dilakukan secara door to door.

Koordinator Pelaksanaan Vaksinasi Inklusif dari Komunitas Petahana Kota Pekalongan, Syarif Hidayatullah menyampaikan bahwa, kini masyarakat Kota Pekalongan bisa melengkapi dosis vaksinnya hingga dosis 4 atau dosis booster kedua. Mengingat, sesuai Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI, masyarakat umum khususnya diatas 18 tahun sudah bisa melaksanakan vaksinasi booster kedua sejak 24 Januari 2023 lalu.

“Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua sudah bisa dilakukan disemua tempat fasilitas kesehatan milik Pemerintah Kota Pekalongan, maupun di layanan sentra vaksinasi inklusif yang bekerjasama dengan lembaga, komunitas, dan sebagainya, salah satunya yang kami lakukan saat ini memfasilitasi vaksinasi door to door di wilayah Sampangan, Kelurahan Klego, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan baik untuk dosis 1, 2, 3, ataupun 4. Sesuai SE Kemenkes RI, vaksinasi booster kedua ini sudah dibuka untuk umum mulai Selasa (24/1) lalu,” ucap Syarif.

Syarif menjelaskan, masyarakat yang sudah bisa melakukan vaksinasi dosis kedua ini adalah mereka yang sudah minimal enam bulan dari penyuntikan vaksin booster pertamanya. Pihaknya berharap, dengan banyaknya antusias masyarakat melakukan vaksinasi booster kedua ini maka akan bisa meningkatkan kekebalan kelompok (herd immunity).

“Ke depan hingga Bulan Maret mendatang, kami akan terus gencar melaksanakan vaksinasi Covid-19 di Kota dan Kabupaten Pekalongan. Kami secara terjadwal mobile ke beberapa wilayah untuk menyasar masyarakat rentan untuk melengkapi dosis vaksinasinya sampai dosis keempat, diantaranya pada Rabu (15/2) di Aula Kelurahan Poncol, Kamis (16/2) di Aula Kelurahan Klego, Aula Kelurahan Bandengan, Aula Kelurahan Krapyak, Aula Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, dan sebagainya, ” pungkasnya. (Dian/Gc).

Related posts

Mangrove Charity Run: Berlari 5K Kampanyekan Kepedulian Lingkungan

Hadi Lempe

Jaga Kebugaran, TNI Kodim Pekalongan Lakukan Lari Jalan Bersenjata

Hadi Lempe

600 Nakes RSUD Bendan Kota Pekalongan Disuntik Booster Vaksin

Hadi Lempe

Cegah Pungli, Tim Saber Pungli Pantau Pembagian Bantuan

Hadi Lempe

Pemkot Pekalongan Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga 2021

Hadi Lempe

Pemuda Pancasila Temanggung, Peringati Hari Jadi Ke 59.

Hadi Lempe

Leave a Comment