Pembentukan rumah kebangsaan di kota Pekalongan
RagamSosialita

Persatuan dan Kesatuan, Kota Pekalongan Rumah Kebangsaan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) setempat bekerjasama dengan Polres Pekalongan Kota membentuk Rumah Kebangsaan di Kota Pekalongan. Rumah Kebangsaan ini merupakan gagasan pemuda dan mahasiswa dari kelompok Cipayung.

Rumah kebangsaan ini bersatu dalam menghadapi situasi ketidakpastian global sehingga seluruh elemen bangsa Indonesia harus tetap mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan serta sinergitas. Dimana, Rumah Kebangsaan Kota Pekalongan ini dipusatkan di Kantor Bakesbangpol, Jalan Majapahit No.20 Kelurahan Podosugih, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan.

Pembentukan Rumah Kebangsaan ini bersamaan dengan kegiatan Ngobrol Pintar (Ngopi) bareng Walikota Pekalongan, dalam rangka Pemantapan Wawasan Kewaspadaan Dini bersama jajaran TNI, Polri, OPD terkait, tokoh agama dan tokoh masyarakat, kalangan mahasiswa, dan media, berlangsung di Rumah Dinas Walikota (Guest House) Kota Pekalongan, Jumat (22/12/2023).

Dalam acara tersebut diisi juga dengan pembacaan ikrar pemilu damai oleh para tamu undangan yang hadir.Walikota Pekalongan, berkata bahwa, rumah kebangsaan ini merupakan ikhtiar ataupun harapan dari Cipayung Plus yang disampaikan kepada  Presiden RI, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kapolri dan juga di lanjutkan oleh Kapolda untuk kemudian ditindaklanjuti oleh Polres Pekalongan Kota dan Bakesbangpol untuk membentuk rumah kebangsaan di Kota Pekalongan.

Menurutnya, sesuai apa yang diharapkan, adanya rumah kebangsaan ini sekaligus juga tempat diskusi dan  menjalin kebersamaan.”Selain itu, Rumah Kebangsaan Cipayung Plus Kota Pekalongan ini juga sebagai tempat menjalin, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini sebagai bentuk memelihara wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dan  memelihara kebhinekaan tunggal ika yang ada di Indonesia khususnya Kota Pekalongan,”ucap Aaf.

Walikota Pekalongan juga mengatakan bahwa, dengan adanya kegiatan ini, semua unsur masyarakat terlibat didalamnya baik pemerintah, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forkopimda, para mahasiswa, dan sebagainya. Pihaknya mengaku bersyukur, untuk kondisi di Kota Pekalongan selama ini berlangsung kondusif.

Namun, antisipasi dan kewaspadaan dini terhadap segala potensi buruk harus dikedepankan terutama saat ini sudah masuk tahun politik. Berbeda pilihan merupakan hal yang wajar, namun mewujudkan kondusivitas wilayah harus tetap diutamakan.

“Kami percaya masyarakat Kota Pekalongan tidak mudah terseret arus situasi yang memanas, terlebih Kota Pekalongan sekarang ini sudah jauh berbeda dengan kondisi tahun-tahun sebelumnya yang masih sumbu pendek. Alhamdulillah, sekarang kondisi di Kota Pekalongan sudah semakin kondusif. Himbauan kami kepada masyarakat terkait narasi-narasi politik dan potongan video statement politik yang hoax jangan langsung disebarluaskan, cek dan ricek dulu kebenarannya sehingga tidak memprovokasi masyarakat,” tegasnya.

Kepala Bakesbangpol Kota Pekalongan, M Taufiqu Rochman menjelaskan bahwa, acara ini turut melibatkan para mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus, dimana dari 7 kelompok, di Kota Pekalongan sendiri ada 5 kelompok Cipayung Plus, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Pekalongan. Taufiq menerangkan, acara ini dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat terutama menjelang pelaksanaan Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024, sehingga upaya penguatan seluruh unsur masyarakat dalam menjaga kondusivitas wilayah harus terus dilakukan.

“Terkait Rumah Kebangsaan Kota Pekalongan sebagai awal permulaan kami pusatkan di Kantor Bakesbangpol Kota Pekalongan. Selain pembentukan Rumah Kebangsaan Kota Pekalongan, dalam acara ini juga ada pembacaan ikrar dan penandatanganan komitmen Pemilu Damai Tahun 2024 dengan harapan Pemilu ini berjalan damai, aman, dan kondusif,” pungkasnya. (Dian/Eka/GC).

Related posts

KPU Sosialisasikan Pemilu 2024 Sembari Jalan Sehat

Hadi Lempe

RSUD Bendan Kota Pekalongan Jadi Rujukan Lini Kedua

Hadi Lempe

Dinkes Kota Pekalongan : Saber AKI-AKB Terus Dimasifkan

Hadi Lempe

Ada Dugaan P2KD AW Tidak Transparan Balon Kades Protes Minta Verifikasi Di Ulang

Hadi Lempe

Pemkot Upayakan Pemberian Bantuan Uang Caton untuk Santri Merata

Hadi Lempe

Ruang Laborat Komputer SMK Wiradesa Terbakar

Hadi Lempe

Leave a Comment