Statemen

Persiapan HUT RI, 69 Paskibraka Kota Pekalongan Mulai Dilatih Intensif

Kota Pekalongan, jateng.garudacitizen.com – Sebanyak 69 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Pekalongan mulai menjalani latihan, sebagai persiapan Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-74 pada 17 Agustus mendatang. Latihan dipusatkan di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Selasa (23/7/2019).

Pelatih Paskibraka Kota Pekalongan, Prihastomo menuturkan, 69 pasukan paskibraka terpilih tersebut merupakan siswa-siswi yang lolos seleksi sebelumnya dari seluruh SMA/MA/SMK yang ada di Kota Pekalongan. Mereka akan terus ditempa dengan latihan fisik yang intensif selama empat hari terhitung mulai tanggal 23-25 Juli nanti.

“Dari keseluruhan 69 orang terdiri dari putri 23 orang, sedangkan putra sebanyak 46 orang. Ini adalah suatu latihan awal untuk membentuk kebersamaan, kerjasama dan kekompakan sebagai pasukan paskibraka. Kami gembleng latihan selama 4 hari, mulai hari ini, Selasa hingga hari Jumat nanti,” ucap Prihastomo.

Prihastomo menjelaskan latihan pokok sendiri direncanakan pada tanggal 29 Juli 2019. Sebelum pelaksanaan, akan diadakan pengukuhan Pasukan Paskibraka Kota Pekalongan yang sudah siap menjalankan tugas pada tanggal 17 Agustus 2017 oleh Walikota Pekalongan. Disampaikan Prihastomo, pasukan paskibraka ini nantinya akan dibagi dalam tiga formasi yaitu pasukan 17, 8 dan 45.

“Mereka diseleksi tidak hanya untuk tingkat kota saja melainkan pula diseleksi untuk persiapan HUT RI di tingkat provinsi maupun nasional di Istana Negara. 69 pasukan paskibraka ini tengah menjalani latihan fisik mulai dari latihan berbaris hingga kesiapan mental, sehingga pada puncak HUT Kemerdekaan RI, mereka sudah siap tampil mengibarkan Merah Putih,” papar Prihastomo.

Disamping itu, lanjut Prihastomo, mereka dimantapkan dengan pembekalan materi mengenai kedisiplinan, etika dan sopan santun, wawasan kebangsaan, bela negara, dan sebagainya. Pasukan dituntut disiplin dan memiliki daya tahan tubuh yang bagus. Prihastomo berharap pasukan paskibraka Kota Pekalongan tidak menemui kendala hingga saat pengibaran bendera pada 17 Agustus.

“Ini baru pembentukan fisik, melihat sikap dan wajah mereka yang ceria dan semangat, Saya optimis mereka cepat bisa mengikuti dan menjalankan dengan baik dan lancar serta tidak ada yang sakit. Kita berharap dengan pemantapan latihan fisik ini, mereka bisa tampil maksimal saat bertugas mengibarkan bendera 17 Agustus nanti,” tandas Prihastomo. (GC.Tim)

Related posts

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Pahlawan Bangsa

Widodo

Lestarikan Tradisi Syawalan, Pemkot Kembali Gelar Festival Balon Tambat

Widodo

Kecelakaan Pantura Kota Pekalongan Nihil

Widodo

Kodim Pekalongan Siap Sukseskan Program KB Kabupaten Pekalongan

Widodo

DPUPR Segera Tangani Sandbag Geotube Rusak

Widodo

Pengembangan Implementasi PPK dan Literasi sebagai Program Wajib

Hadi Lempe

Leave a Comment