Pojok baca Cikita Diresmikan untuk meningkatkan minat baca anak
Pendidikan

Pojok Baca Cikita Diresmikan Dan Tingkatkan Minat Baca Anak Usia Dini

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Sebagai upaya meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak usia dini, Pojok Baca Cikal Kita Bisa Taman Anak (Cikita) yang berlokasikan di TK Sudirman 03, Slamaran, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan diresmikan. Peresmian dilakukan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim, Kabid PAUD dan PNF pada Dindik setempat, Sherly Imanda, Kepala Sekolah TK Sudirman 03 Kota Pekalongan, Khusnul Khotimah, perwakilan Yayasan Cikal Jakarta, dan Kitabisa.com, Wahyu Eko Winarso, turut disaksikan oleh para guru, orangtua murid, dan siswa-siswi TK Sudirman 3 Kota Pekalongan, Jumat (29/12/2023).

Diresmikannya Pojok Baca Cikita ini diinisiasi oleh TK Sudirman 03 Kota Pekalongan bersama Yayasan Cikal dan Kitabisa.com Jakarta, dimana upaya ini diyakini sebagai salah satu teknis pembinaan minat baca anak. Selain ikut meresmikan pojok baca Cikita, Yayasan Cikal dan Kitabisa.com Jakarta juga menyerahkan bantuan sarana dan prasarana seperti koleksi buku, perlengkapan sekolah, serta mainan edukasi anak usia dini.Kepala Dindik Kota Pekalongan, Zainul Hakim menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada CSR khususnya Yayasan Cikal dan Kitabisa.com yang memiliki kepedulian terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Kota Pekalongan terutama dalam memfasilitasi Pojok Baca Cikita dan bantuan pendukung lainnya di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan.

“Tentunya, kami sangat berharap, melalui bantuan ini bisa menambah minat baca di kalangan pendidik yang nantinya ditularkan dan ikut mendampingi para peserta didiknya agar anak-anak usia dini mulai menyenangi budaya literasi melalui gerakan membaca buku,” kata Zainul.

Diungkapkan Zainul, “walaupun saat ini semua sudah beralih era digital, namun anak-anak didik masih tetap perlu dikenalkan literasi dengan membaca buku bacaan yang disesuaikan dengan umurnya. Pihaknya berharap, atas sinergi fasilitasi dan bantuan ini bisa diperluas kepada sekolah-sekolah lain di Kota Pekalongan. Dimana, untuk sekolah-sekolah di Kota Pekalongan saat ini terutama di sekolah penggerak sudah ada pojok baca.”

“Di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan ini walaupun belum kategori Sekolah Penggerak, namun sekolah ini mampu menjadi pioneer di jenjang TK untuk menginisiasi adanya Pojok Baca yang bekerjasama dengan Yayasan Cikal Jakarta. Mengingat, minat baca masyarakat Kota Pekalongan ini sebenarnya sudah mulai tumbuh, namun mereka lebih senang membaca literasi digital melalui gadget yang dimiliki. Padahal, membaca buku dengan dilengkapi gambar-gambar ini lebih menarik karena ada komunikasi interaktif dan semakin banyak membaca buku, maka semakin banyak membuka jendela wawasan pengetahuan kita terhadap kehidupan di dunia ini,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Sudirman 03 Kota Pekalongan, Khusnul Khotimah menerangkan, Pojok Baca Cikita ini memiliki kepanjangan ” Cikal Kita Bisa Taman Anak” dengan tujuan mengenalkan budaya literasi kepada anak sedini mungkin dan meningkatkan minat baca pada anak yang lebih baik lagi.

“Pojok baca dengan konsep dilengkapi playground seperti disini memang baru pertama kali. Alhamdulillah kami dapat fasilitasi bantuan ini dari Yayasan Cikal dan Kitabisa.com serta Salam Setara,”ungkap Khusnul.Khusnul mengatakan, adapun jumlah peserta didik di TK Sudirman 03 ini ada 23 anak. Dimana, dalam acara ini, semua siswa juga mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah seperti sepatu, tas, tumbler, dan sebagainya.

“Sebenarnya disini sudah ada beberapa buku, namun karena kondisi wilayah sekolah kami yang rentan banjir, maka buku-buku itu terkena banjir dan rusak. Alhamdulillah adanya fasilitasi Pojok Baca dan bantuan koleksi buku dan mainan edukasi anak ini, kami bisa memperbaharui sarpras peningkatan literasi yang ada di sekolah kami,”ucapnya. (Dian/Eka.R/GC)

Related posts

Walikota Pekalongan: Launching PAUD HI,Kolaborasi OPD Sangat Dibutuhkan

Hadi Lempe

Walikota Pekalongan, Ingatkan Pelaksanaan MPLS Tanpa Kekerasan

Hadi Lempe

Bangunan Representatif, Tunjang Kualitas Layanan PAUD

Hadi Lempe

Universitas Moestopo Gandeng PWOIN dan MIO Indonesia Kerjasama UKW Wartawan

Hadi Lempe

KKN Mahasiswa Unisnu Jepara kolaborasi dengan FKJ Gelar Sosialisasi Road to School

Hadi Lempe

Deklarasi Tak Ada Diskriminasi dalam Sekolah Ramah Anak

Hadi Lempe

Leave a Comment