Berita Sosial Budaya Sosialita Tokoh

Populerkan Sarung Batik Pekalongan, Walikota Hadiri Sarung Fest 2019

Pekalongan, GC – Kenakan Sarung Batik, Walikota Pekalongan beserta jajaran Pemerintah Kota Pekalongan hadiri Festival Sarung 2019 di Gelora Bung Karno Jakarta, Ahad (3/3/2019). Festival Sarung Indonesia (FSI) ini kali pertama digelar di Gelora Bung Karno Jakarta, acara ini guna menyambut Hari Sarung Nasional pada 3 Maret.

Festival ini bertujuan untuk membangkitkan pamor sarung dan pengrajinnya digelar oleh Pokja Toleransi bersama Dekranas, Smesco Indonesia, sejumlah Kementerian Lembaga, dan aktivis pemerhati budaya serta kebhinekaan.

Kota Pekalongan telah memulai Festival sarung Batik pada Gelaran hari jadi Kota Pekalongan ke-112, Pemkot telah gelar Festival Sarung Batik 30 Maret hingga 8 April 2018 tahun lalu. “Memakai sarung batik merupakan tradisi masyarakat Kota Pekalongan, sehingga perlu dihidupkan kembali tradisi ini, dan dengan harapan dapat mengangkat perekonomian perajin dan pengusaha batik di Kota Pekalongan,” ungkap Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE.

Setiap dua minggu sekali seluruh pegawai dan karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan diwajibkan mengenakan sarung sebagai pakaian dinasnya. Saelany menambahkan bahwa dalam acara festival sarung ini, Kota Pekalongan turut berpartisipasi memeriahkan dengan mendirikan stand sarung batik serta penampilan fashion show sarung batik.

β€œIni sebagai bentuk upaya Pemerintah Kota Pekalongan untuk mendongkrak popularitas sarung batik di kancah nasional, sehingga event semacam ini merupakan kesempatan besar bagi Kota Pekalongan selaku kota produksi sarung batik,” tandas Saelany. (Widodo)

Related posts

Sentra Kuliner Bakal Dilaunching April 2019

Hadi Lempe

Damkar Pekalongan Tekankan Kesiapsiagaan Warga Tangani Kebakaran

Widodo

Pemkot Berikan Sosialisasi Penempatan PMI

Widodo

Kembali Tinjau Lokasi Pengungsian, Pemkot Akan Pasang Pompa Sedot Raksasa

Hadi Lempe

Demi Air Bersih, Warga Paninggaran Jalan Kaki 1,3 kilometer

Widodo

Patut Bangga, Inilah 4 Kebudayaan Jawa yang Diakui UNESCO

Dedi Ariko

Leave a Comment