Berita

Prospek Menjanjikan, WBP Rutan Dilatih Kembangkan Budidaya Cacing

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Pekalongan terus berupaya menempa aneka life skill bagi warga binaannya. Selain diajarkan praktek bercocok tanam aneka jenis sayuran, salah satu kecakapan yang diberikan adalah budidaya cacing tanah putih. Sudah lebih dari setengah tahun, warga binaan mulai bergelut membudidayakan cacing tanah yang dikembangkan di dalam area Rutan setempat.

Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan melalui Kasubsi Bimbingan Kegiatan Rutan setempat, Eko Kurniawan menjelaskan bahwa, untuk budidaya cacing sendiri dipilih lantaran perawatannya terhitung mudah dan murah, karena untuk pakan menggunakan sisa bahan makanan dan sayuran dari Dapur Rutan setempat. Selain itu, cacing tanah putih juga bernilai jual tinggi, nantinya dijual untuk dijadikan pakan ternak unggas, ikan, bahan obat bahkan kosmetik.

“Awalnya kita mencari bibit indukan cacingnya dari tanah disekitar Rutan dan medianya berupa box dan alasnya karung untuk menjaga kelembaban. Kemudian, media itu diberi tanah yang telah diberi nutrisi dan pupuk kompos, bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan,” terangnya di sela-sela kegiatan bimbingan kerja bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIA Pekalongan, Selasa (5/9/2023).

Diterangkan Eko, setiap box diberi 2 ekor cacing indukan (jantan dan betina) yang sudah siap untuk diternakan dan ditunggu selama 40 hari, cacing sudah bisa siap dipanen.

“Untuk pakan cacingnya sendiri, kami memanfaatkan limbah sisa makanan dan sayuran dari Dapur Rutan,” katanya.

Eko menerangkan, setelah berhasil dipanen, untuk pemasaran budidaya cacing di Rutan ini sementara ini baru ke para penjual pakan ternak unggas dan para pemancing untuk umpan memancing ikan. Untuk harga cacing tanah ini dijual bisa mencapai Rp65 ribu per kilogramnya.

“Karena disini masih skala kecil, untuk sekali panen kami biasanya mendapatkan hasil panen sekitar 2 sampai 4 kilogram cacing. Kami sudah sepuluh kali panen sejak kami memberikan praktek keterampilan budidaya cacing tanah ini kepada WBP sejak awal Tahun 2023. Kami harap ilmu ini bisa diterapkan juga setelah para WBP ini keluar menghirup udara bebas dari Rutan,”tandasnya. (Dian/Aina HL).

Related posts

PN Pekalongan Kelas IB Komitmen Bebas Korupsi

Hadi Lempe

Kemenperin Dorong WUB IKM

Hadi Lempe

Pimpin Sertijab 3 Kepala UPT, Kadiv Administrasi : Berikan Kinerja Terbaik

Hadi Lempe

Jalan Provinsi Paninggaran Ambles, DPU Jateng Langsung Adakan Perbaikan

Hadi Lempe

Sukseskan P4GN, Jajaran Kodim 0710/Pekalongan Jalani Tes Urine

Hadi Lempe

Dua Pelajar Tewas Tenggelam Di Obyek Wisata Pantai Ujungnegoro

Hadi Lempe

Leave a Comment