Ragam

Ratusan anggota Kodim 0710/Pekalongan Jalani Tes Kebugaran Jasmani Rockport

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Sebanyak 104 prajurit Kodim 0710/Pekalongan terdiri dari perwira Bintara dan Tamtama menjalani kegiatan Tes Kebugaran Tubuh dengan metode Rockport yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan. Kegiatan yang dimaksudkan dalam rangka edukasi dan sosialisasi hidup sehat kepada para anggota TNI ini digelar di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan, Jumat (03/11/23).

Adapun tahapan pelaksanakan tes kebugaran meliputi, pemeriksaan tensi, pengukuran tinggi, dan berat badan dilanjutkan lari atau jalan sejauh 1,6 km. Penilaian tes secara otomatis melalui aplikasi Sistem Informasi Kebugaran (SIPGAR) dari Kementerian Kesehatan RI.

Pasi Ops Kodim 0710/Pekalongan, Kapten Inf Abdul Mutholib pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa, meskipun TNI sudah mempunyai metode sendiri dalam pelaksanaan tes kesegaran jasmani, akan tetapi dengan metode Rockpot ini para prajuirt bisa langsung mengetahui kebugaran masing-masing melalui aplikasi Sipgar.

“ Kegiatan tes kebugaran seperti ini adalah baru pertama kali dilaksanakan oleh prajurit khususnya anggota Kodim 0710/Pekalongan. Kami berharap, dengan hasil yang langsung bisa di lihat pada aplikasi Sipgar ini masing-masing anggota akan bisa lebih meningkatkan kebugaran tubuhnya setiap hari”,terang Kapten Mutholib.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menjelaskan bahwa, kegiatan yang dilakukan ini merupakan sebuah edukasi dan sosialisasi sekaligus untuk mengetahui tingkat kebugaran tubuh para prajurit Kodim 0710/Pekalongan.

“ Kegiatan yang kita laksanakan ini adalah untuk melakukan edukasi dan sosialisasi, namun demikian juga untuk mengetahui kebugaran tubuh prajurit melalui aplikasi Sipgar”, tutur Budi.

Budi juga memaparkan, dengan aplikasi Sipgar ini, maka sesorang akan bisa diketahui tingkat kebugaran tubuhnya, sehingga bisa melakukan evaluasi dan melakukan pembinaan masing-masing untuk menjaga kondisi kebugaran tubuhnya.

“ Untuk mengetahui kondisi kebugaran tubuh, maka bisa dilakukan tes seminggu 2 kali, dengan harapan setiap orang bisa menjaga kondisi kebugaran tubuhnya, dalam mendukung aktivitas sehari-hari,”pungkasnya. (Dian/Aina/HL)

Related posts

Dinkes Ingatkan Masyarakat Jeli Dalam Membeli Makanan dan Minuman Cepat Saji

Hadi Lempe

Arus Mudik, Jalur Pantura Kota Pekalongan Ramai Lancar

Hadi Lempe

YARS Selenggarakan Halal bi Halal.

Hadi Lempe

Wujudkan Pilwalkot Berintegritas, Bawaslu Ajak Ormas dan LSM Awasi Pemilu

Hadi Lempe

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Dinkes Gelar Aksi Sinpatik

Hadi Lempe

Danlanal Tegal Pimpin Upacara di PKBM Sakila Kerti

Hadi Lempe

Leave a Comment