Dinkes Kota Pekalongan
KesehatanRagam

Ratusan Kader Ikuti Jambore Posyandu

Kota Pekalongan Garudacirizen Jateng – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan melalui Unit Pengelola Teknik (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bendan menghelat Jambore Kader Posyandu Balita Tingkat Puskesmas (Kontak Kader Posyandu Balita) di Aula DPRD Kota Pekalongan, Sabtu (4/3/2023). Kegiatan jambore ini sekaligus penandatanganan komitmen kader ini diikuti oleh 160 kader posyandu balita, lansia, remaja, dan posbindu PTM.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes mengungkapkan bahwa kegiatan jambore ini diikuti oleh kader posyandu balita, lansia, dan remaja serta posbindu di wilayah binaan Kelurahan Bendan Kergon dan Podosugih. “Hampir seluruh kader hadir dan antusias mengikuti kegiatan ini.Tentu pelayanan kesehatan di Kota Pekalongan ini tak akan berjalan tanpa bantuan kader. Bidang kesehatan bisa menyentuh ke masyarakat karena peran kader,” kata Budi.

Menurut Budi, komitmen para kader bagus, kendalanya saat ini karena beberapa program harus menggunakan aplikasi atau ITU. Jadi harus ada penyegaran ke kader, setiap posyandu harus ada yang bertanggungjawab agar sistem informasi dapat berjalan. “Terkait sarana dan prasarana, Pemerintah Kota Pekalongan mengalami keterbatasan anggaran sehingga untuk posyandu perbaikan sarana dan prasarana dilakukan secara bertahap,” jelas Budi.

Budi berharap melalui kegiatan ini komitmen kader semakin meningkat. Bukan berarti komitmen kemaren kurang tapi harapannya ke depan dapat lebih meningkat, begitu juga dengan semangat kerja teman-teman kader posyandu. “Dengan adanya penyelenggaraan kegiatan ini saya akan mendorong wilayah puskesmas lain untuk menjalankan kegiatan serupa,” kata Budi.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Bendan, dr Dita Rasnasuri menjelaskan bahwa kegiatan jambore posyandu ini sekaligus penggalangan komitmen. Total ada 186 kader di wilayah binaannya, ini ada 160 kader yang hadir siang ini. “Ini kali pertama kegiatan ramai pasca tiga tahun pandemi akhirnya bisa mengumpulkan orang sebanyak ini. Harapannya ini bisa menjadi akang silaturahmi antar posyandu,” tutur dr Dita.

Dokter Dita tak hanya mengumpulkan kader usia tua namun juga para kader remaja, di wilayah binaannya ada dua posyandu remaja. “Semoga melalui kegiatan ini para kader semakin semangat dalam membantu memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Semangat mereka luar biasa karena puluhan tahun sudah mengabdikan diri menjadi kader, mari tetap sehat dan semangat melayani masyarakat,” pungkas dr Dita. (Dian/Gc)

Related posts

Pemkot Serahkan Santunan Kematian

Hadi Lempe

RSUD Bendan Siapkan Ruang Persalinan Khusus Untuk Ibu Hamil Terkonfirmasi Positif Covid-19

Hadi Lempe

Perketat Prokes, Kelurahan Bendan Kergon Lakukan Operasi Masker

Hadi Lempe

HUT TNI ke-74, Kodim Pekalongan Gelar Lomba Lukis Tingkat SLTA

Hadi Lempe

Olahraga Bersama, Apel Danramil dan Babinsa Kodim Pekalongan

Hadi Lempe

Pastikan Air Minum Laik, Dinkes Cek Depot Air

Hadi Lempe

Leave a Comment