Sosialita

Gedung Diklat Sementara Akan Digunakan Sebagai Rumah Karantina ODP dan OTG

Rumah Karantina bagi ODP dan OTG sebagai salah satu langkah penanganan dan pencegahan virus Corona (Covid-19) yang dilakukan Pemerintah Kota Pekalongan

Kota Pekalongan Garuda Citizen Jateng– Pemerintah Kota Pekalongan saat ini terus melakukan persiapan penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19). Terkait hal itu Pemkot Pekalongan menyiapkan ruang isolasi tambahan berupa Rumah Karantina bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19. Rencananya Rumah Karantina tersebut akan di tempatkan di Gedung Diklat yang berlokasikan di Jalan Merbabu, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Di sampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan , yang juga sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 di Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto, SKM,MKes saat dikonfirmasi garudacitizen di Gedung Diklat Rabu (8/4/2020).

“Rumah Karantina rencananya disiapkan Pemkot tersebut yaitu menggunakan Gedung Diklat Kota Pekalongan sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) khususnya di Kota Pekalongan,” ucap Budi.


Budi menambahkan bahwa Rumah Singgah atau Karantina ini diperuntukkan bagi ODP atau orang yang memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit dan memiliki gejala klinis ringan maupun Orang Tanpa Gejala (OTG),untuk tempat isolasi secara mandiri agar menghindari penularan Covid-19 secara meluas.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, dalam rumah Singgah ODP dan OTG Covid-19 tersebut terdapat 22 kamar untuk ODP, masing-masing satu kamar secara terpisah dan 24-25 kamar untuk OTG (secara bersamaan).

Rumah Karantina sebagai upaya penanganan dan pencegahan Covid-19

“Tentunya setelah dilakukan screening oleh petugas kesehatan kami yang masuk sebagai kategori ODP baik dengan gejala maupun Orang Tanpa Gejala Resiko, termasuk pemudik atau pendatang yang berasal dari daerah-daerah terduga terpapar Covid-19. Mereka yang tidak mampu mengisolasikan diri dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, kami sarankan bisa masuk di Rumah Singgah/karantina. Daripada nanti kami biarkan di rumah yang kemungkinan akan menularkan kepada orang lain baik keluarga maupun tetangga sekitar”

” Saat ini persiapan rumah singgah/Karantina ini telah sampai pada pembekalan para relawan yang akan membantu para ODP dan OTG . Kami berupaya secepatnya Rumah Singgah/Karantina ini sudah bisa di pergunakan. Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat bisa bekerja sama dengan baik.” pungkas Budi. (gc tim)

Related posts

Pemkot Gencar Lakukan Rapid Test di Tempat Keramaian, 15 Warga Kota Pekalongan Dinyatakan Reaktif

Hadi Lempe

Pemkot Terbitkan Protokol Kesehatan Salat Idul Adha

Hadi Lempe

Hari Jadi Pekalongan, Netzme Gelar Funtastic Fest Pekalongan 2019

Widodo

Mangrove Charity Run: Berlari 5K Kampanyekan Kepedulian Lingkungan

Widodo

Dinkominfo Gelar Pelatihan Faceprint Tahap II

Hadi Lempe

Puncak HAN 2020 Digelar Virtual, Tetap Gembira di Tengah Pandemi

Hadi Lempe

Leave a Comment