Statemen

Sebanyak 34 Titik ATCS Live Streaming LaLin

Pekalongan, GC – Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Pekalongan miliki Area Traffic Control System (ATCS) sebagai sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di Kota Pekalongan yang bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan. Sebanyak 34 titik ATCS dapat masyarakat pantau melalui Live Streaming LaLin di website http://atcskotapekalongan.com.

Melalui live streaming, masyarakat Kota Pekalongan dapat memantau kepadatan arus lalu lintas di Kota Pekalongan. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinhub Kota Pekalongan, Aprilyanto Dwi Purnomo SE MSi, Selasa (9/4/2019).

“Melalui ATCS, Dinhub Kota Pekalongan mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Dalam keadaan tertentu, memberikan waktu hijau pada kendaraan yang memiliki prioritas (Pemadam Kendaraan, Ambulance, VVIP, Konvoi, dan sebagainya, ”ungkap April.

ATCS memberikan informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan serta menyediakan rekaman data lalu lintas, kejadian kecelakaan, dan kejadian lainnya di persimpangan. “Kamera sudah kami pasang di semua jalan, sehingga jika tejadi kemacetan dapat kita atur. Tentu ini juga harus disinergikan dengan daerah lain yakni Kabupaten Batang dan Kabupaten Pekalongan agar kemacetan di sana tidak berimbas di Kota Pekalongan, ”terang April.

Koordinasi dengan daerah lain diperlukan terutama untuk Jalan Pantura, misal terjadi kemacetan di daerah Tirto, lalu lintas di Kota Pekalongan dapat dikondisikan. Masyarakat juga dapat memperoleh manfaat dari live streaming lalu lintas untuk mengetahui kondisi lalu lintas pada jam-jam sibuk.

“Dengan adanya ATCS harapannya tercipta optimasi kinerja jaringan jalan, sistem lalu lintas dan angkutan jalan yang aman, selamat dan berwawasan lingkungan, ”pungkas April. (GC.Tim)

Related posts

Pemkot Dorong Lulusan SMK Memiliki Peluang Besar Bekerja di Luar Negeri

Widodo

Jelang Pengukuhan, 69 Anggota Paskibra Kota Pekalongan Giat Berlatih

Widodo

Jaga Kekompakan, TNI-Polri Pekalongan Olahraga Bersama

Widodo

Kodim Pekalongan Siap Sukseskan Program KB Kabupaten Pekalongan

Widodo

Beri Rekomendasi PIRT, Upaya Dinkes Jamin Kesehatan Masyarakat

Widodo

BKD Bentuk Tim Lakukan Monitoring SPPT-PBB Langsung Pada Masyarakat

Widodo

Leave a Comment