RagamSosialita

Sertijab Kalapas IIA Pekalongan, Imam Purwanto Resmi Gantikan Agus Heryanto

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekalongan kini dipimpin oleh Imam Purwanto, yang menggantikan Agus Heryanto setelah resmi menggelar acara serah terima jabatan yang dihelat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Senin, (13/12/2021). Kalapas Pekalongan yang lama, Agus Heryanto akan berpindah tugas menjadi Kalapas Ambarawa, sementara Kalapas Pekalongan yang baru, Imam Purwanto sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Sertijab tersebut dirangkai sekaligus dengan Penandatanganan berita acara Serah Terima Jabatan Kalapas Kelas IIB Slawi dari Mardi Santoso ke pejabat baru, Winarso dan Sertijab Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Kelas IIA Pekalongan dari Ny. Ita Deswita Agus Heryanto kepada Ny. Hernani Imam Purwanto, Ketua DWP Lapas Kelas IIB Slawi dari Ny. Sri Nur Mardi Santoso kepada Ny Dian Anggarini Winarso yang ditandai dengan pengalungan rangkaian bunga oleh Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Supriyanto. Hadir pula Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, S.E, Ketua DPRD Kota Pekalongan, M Azmi Basyir, S.T, M.Sc, Kajari Kota Pekalongan, Sri Indarti, S.H, M.H, Kasdim 0710/Pekalongan, Mayor Inf Raji, dan segenap Forkopimda Kota Pekalongan, Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan, dan jajaran UPT Pemasyarakatan lainnya.

Plt Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Supriyanto menjelaskan bahwa, sertijab ataupun rotasi pegawai di wilayah Kemenkuham ini merupakan hal yang lumrah dan biasa. Namun,pihaknya berharap, dengan adanya kepemimpinan baru ini bisa menorehkan kemampuan dan inovasi terbaru.

“Jangan sampai memberikan ataupun menyumbangkan hal-hal yang negatif di jajaran Kemenkumham dan pemerintah daerah setempat,” tutur Supri,sapaan akrabnya.

Supri menilai,selama ini kondisi Lapas Kelas IIA Pekalongan memang kerap tergenang banjir. Kendati demikian, pihaknya akan berupaya terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan juga senantiasa bersinergi dengan pemerintah setempat untuk mengusahakan relokasi ke lokasi yang baru.

Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid, S.E mengucapkan terimakasih kepada Kalapas Pekalongan yang lama, Agus Heryanto atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas di Kota Pekalongan. Begitu beliau dipindahtugaskan ke tempat yang baru,paling tidak ada suatu kenangan yang indah di Kota Pekalongan. Sedangkan,untuk Kalapas Pekalongan yang baru, Imam Purwanto, Aaf berharap bisa segera beradaptasi di Kota Pekalongan. Mengingat, situasi dan kondisi Lapas Kelas IIA Pekalongan ini sebetulnya bangunannya termasuk cagar budaya dengan suasana yang asri, tetapi problemnya adalah terkadang masih dilanda banjir dan rob di lokasi tersebut.

“Saya mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru untuk Pak Agus dan Pak Mardi, dan selamat datang untuk Pak Imam dan Pak Winarso. Harapannya,dengan sertijab ini,pejabat Kalapas baru tetap bisa bersinergi dengan Pemkot dan tetap bisa menjaga kondusivitas serta mengayomi semua warga binaan yang ada,” ucap Aaf.

Aaf menyebutkan, selama ini untuk pengamanan di lingkungan Lapas Kelas IIA Pekalongan sudah berjalan dengan baik,terbukti walaupun situasi dan kondisinya Lapas Pekalongan IIA Pekalongan kerap terjadi rob, namun dinilai masih kondusif.

“Untuk pengamanan mereka sudah ada standar pengamanan masing-masing UPT Pemasyarakatan termasuk di Lapas Kelas IIA Pekalongan,” ungkap Aaf.

Sertijab Kalapas IIA Pekalongan

Kalapas Pekalongan yang lama,Agus Heryanto, menerangkan, pada hari ini bertepatan dirinya genap   3 tahun  perjalanan tugasnya selama di Kota Pekalongan. Banyak suka dan duka selama ia menjabat sebagai Kalapas Kelas IIA Pekalongan baik adanya musibah banjir dan rob. Namun, pihaknya mengaku bersyukur, berkat kerja keras jajaran Pemkot Pekalongan yang telah berupaya membangun fasilitasi ke depannya yang lebih baik lagi untuk Kota Pekalongan.

Pihaknya berharap, ke depannya Lapas Kelas IIA Pekalongan akan lebih sukses lagi di bawah kepemimpinan pejabat Kalapas Pekalongan yang baru. Mudah-mudahan rencana relokasi Lapas Pekalongan bisa segera terwujud dan dapat dilanjutkan proses pembangunannya.

“Bahkan disini akan terbangun Obyek Wisata Air Kota Pekalongan. Mari kita dukung program Beliau, sehingga lalu lintas menuju arah wisata tersebut, terhindar dari adanya rob. Kami mengucapkan terimakasih juga kepada jajaran pegawai Lapas Kelas IIA Pekalongan yang sudah bekerja keras dalam membangun bersama Lapas Kelas IIA Pekalongan menuju yang lebih baik lagi. Kami juga mohon maaf jika ada tutur kata dan perbuatan yang kurang berkenan selama kami bertugas di Kota Pekalongan,” harap Kalapas Agus.

Kalapas Pekalongan yang baru, Imam Purwanto menjelaskan, pada mulai hari ini dirinya bertugas di Lapas Kelas IIA Pekalongan usai sertijab yang dihadiri oleh Walikota,Forkopimda, dan Plt Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jateng. Menurutnya, program utama  yang menjadi atensinya adalah memberantas narkoba dengan dukungan para stakeholder terkait. Lebih lanjut, ke depan program yang ia gagas dalam memulai bertugas di Kota Pekalongan adalah dirinya ingin meningkatkan bangunan Lapas Kelas IIA Pekalongan agar terbebas dari bencana banjir dan rob.

“Kalau harus membangun di tempat baru harus menerbitkan surat hibah.Kalau sudah ada surat hibah pun tidak bisa serta merta langsung dibangun, kita harus usulkan ke DPR yang membutuhkan waktu cukup lama lagi. Luas tanah bangunan itu ada 7 hektar,kalau kita tingkatkan keren itu misal dibuat 3 lantai saja,kalau banjir rob melanda dibangun bawah,suruh WBP dan pegawai naik ke lantai atas. Saya akan berusaha melakukan yang terbaik untuk membangun jajaran Lapas Kelas IIA Pekalongan ke depannya,”pungkas Imam. (HL/Aina)

Related posts

Drainase Tersumbat Sampah Pasca Banjir,DPUPR Gencarkan Pembersihan Saluran

Hadi Lempe

HKN ke-56, Dinkes dan TP-PKK Apresiasi Kader Posyandu Teladan

Hadi Lempe

Geger Evakuasi Mayat Seorang Kakek Dalam Sumur

Hadi Lempe

Paska Banjir, Dinkes Pantau Kondisi Kesehatan Pengungsi

Hadi Lempe

1565 Atlit ikuti Lomba Lari 5K

Hadi Lempe

Bangun Wilayah Bebas Korupsi Dindagkop UKM Canangkan ZI

Hadi Lempe

Leave a Comment