BPBD Kota Pekalongan
Ragam

Siaga Bencana Hidrometrologi, BPBD Lakukan Mitigasi

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Sejak bulan November 2023, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan antisipasi menghadapi bencana hidrometrologi. BPBD juga telah melakukan koordinasi dengan lintas sektor dalam upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana serta persiapan sarana dan prasarana.

Hal ini disampaikan oleh kepala BPBD Kota Pekalongan, Apriliyanto Dwi Purnomo saat pembahasan antisipasi bencana hidrometrologi di Kota Pekalongan melalui telepon, Kamis (7/12/2023). “Sarana dan prasarana yang disiapkan seperti perahu, alat pompa, alat pertolongan pertama, dan dapur umum,” kata April. Dikatakan oleh April, untuk wilayah Kota Pekalongan dilihat dari bencana tahun-tahun sebelumnya yakni bencana banjir. “Untuk titik rawan di Kota Pekalongan difokuskan di wilayah Pekalongan Barat, Pekalongan Utara, dan Pekalongan Timur.

Namun jika dibandingkan tahun sebelumnya sepertinya terjadi penurunan kerawanan,” jelas April. Lebih lanjut, April menyiapkan para anggotanya untuk siap siaga dalam mengahadapi bencana, BPBD akan mengerahkan satgas kebencanaan sebanyak 49 anggota, serta dibantu oleh warga Kampung Tanggap Bencana yang sudah dibentuk di Kota Pekalongan sebelumnya. “Kami juga melakukan beberapa upaya mitigasi melalui kegiatan pembersihan aliran sungai yang rawan seperti sungai Bremi,” ungkap April. (Eka/GC)

Related posts

Jelang Pilkada BPBD Pantau Perubahan Musim Hujan

Hadi Lempe

Akibat Korsleting Mesin Pertamini, Satu Rumah di Proyonanggan Batang Ludes Terbakar

Hadi Lempe

Kapolres Pekalongan Kota pimpin Upacara Sertijab sejumlah Pejabat Utama Polres

Hadi Lempe

ACT-MRI Ajarkan Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini

Hadi Lempe

Dindagkop-UKM Targetkan Jumlah Eksportir Pekalongan Bertambah

Hadi Lempe

DPC PWO – IN Jepara, Akan Lebih Berkembang Dengan Di Terimanya SK.

Hadi Lempe

Leave a Comment