Sinergitas TNI Bersama Masyarakat Gelar Aksi Bersih Sungai
Sosial Budaya

Sinergitas TNI Bersama Masyarakat Gelar Aksi Bersih Sungai

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Guna mencegah terjadinya banjir serta membersihkan lingkungan dari sampah. TNI, Polri, BPBD, DLH, Komunitas Sapulidi bersama komponen masyarakat. Bersihkan sungai di Perumahan Bumirejo Residence (BRD), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota pekalongan. Kamis(21/11/2019).

Kegiatan bersih sungai diawali dengan apel bersama yang dipimpin oleh Walikota Pekalongan, H. Saelany Mahfudz. Diikuti oleh Kapten Inf Sunarto, Ws Kasdim 0710/Pekalongan, Kapten Infanteri Parman, Pasi Ter Kodim 0710/Pekalongan dan Iptu Agus, Panit Patroli Sabhara Polsek Pekalongan Barat.

Turut hadir Suseno, Kepala BPBD Kota Pekalongan, M. Natsir, Camat Pekalongan Barat. Serta beberapa komunitas peduli lingkungan dan masyarakat yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Walikota Pekalongan, Saelany Mahfudz mengatakan. Bahwa kondisi saat ini di Kota Pekalongan sudah darurat sampah. Sehingga perlu peran serta seluruh komponen masyarakat untuk gerakan bersama bersih lingkungan.

“Saat ini, Kota Pekalongan sudah darurat sampah. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama untuk membersihkan lingkungan kita agar menjadi lingkungan yang bersih,” ajak Walikota.

Terkait dengan banyaknya sampah yang dibuang di sungai oleh masyarakat. Walikota menyampaikan masih mengkaji untuk memberlakukan perda bagi masyarakat yang buang sampah sembarangan ke sungai.

“Kita masih mengkaji perda tersebut, yang terpenting mari kita galakan gerakan bersih sungai dan lingkungan ini. Agar masyarakat mengerti pentingnya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan. Salah satunya adalah mencegah terjadinya banjir,” tandasnya.

Terpisah, Dandim 0710/Pekalongan, Letkol Infanteri Arfan Johan Wihananto menjelaskan. Akan selalu membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat. Seperti halnya kegiatan yang dilaksanakan saat ini, yaitu bersih sungai dalam rangka mencegah terjadinya banjir.

“Kita akan selalu menjadi yang terdepan dan selalu bersinergi dengan Pemkot, Polri dan komponen masyarakat dalam mengatasi kesulitan masyarakat. Kegiatan bersih sungai ini sangat bermanfaat dalam mengatasi dan mencegah terjadinya banjir,” ujar Dandim.

Diketahui, bahwa saat ini memang ada beberapa sungai di kota pekalongan yang dipenuhi dengan enceng gondok dan sampah. Salah satunya sungai yang berada di Perumahan Bumirejo Residence (BRD), Kecamatan Pekalongan Barat, Kota pekalongan. (Rus)

Related posts

Pemkot Berikan Sosialisasi Penempatan PMI

Widodo

Penyair Nasional Giat Literasi Sastra Masuk Sekolah

Widodo

Teater RSPD Tegal, Suguhkan Lakon “Mantu Poci”

Widodo

Forum Anak Sebagai Pelapor dan Pelopor

Widodo

Babinsa Kodim Pekalongan Kerja Bakti Bersihkan Saluran Air

Widodo

Tahun 2019, Penataan Alun-Alun Sisi Timur Mulai Dikerjakan

Hadi Lempe

Leave a Comment