Tata Kawasan Kota, Pemkot Bakal Bangun Dua Sentra Kuliner
Statemen

Tata Kawasan Kota, Pemkot Bakal Bangun Dua Sentra Kuliner

Kota Pekalongan, GarudaJateng – Pemkot Pekalongan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Bakal membuat dua sentra kuliner untuk menampung para PKL. Yakni di Jalan Rajawali Utara dan Jalan Cenderawasih Pekalongan Utara.

Pemkot tengah berupaya menata kawasan kota agar tertata rapi termasuk dalam penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kawasan Budaya Jetayu yang semakin menjamur.

Plt DPUPR Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Pertamanan Pemakaman, Romi Yulianto ST mengungkapkan. Bahwa dua sentra kuliner itu tengah dalam tahap pengerjaan dengan mengalokasi dana sekitar Rp1,7 Miliar lebih.

Dalam penataan kawasan kuliner ini juga akan menggandeng sejumlah pedagang baik tradisional maupun kekinian.

“Untuk di Jalan Rajawali Utara kami anggarkan Rp. 821 juta untuk memindahkan para pedagang yang tadinya di Lapangan Jetayu, sekaligus untuk sebagai ruang publik agar terlihat lebih bersih dan tertata rapi.

Sedangkan di Jalan Cenderawasih kami sudah siapkan alokasi dana sebesar Rp 900 jutaan,” tutur Romi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (29/10/2019).

Menurut Romi, dua sentra kuliner tersebut yang pertama di Jalan Rajawali Utara, rencananya dibangun 20 shelter untuk pedagang.

Shelter tersebut dilengkapi 2 gapuro akrilik menyala, kamar mandi, tempat mencuci peralatan pedagang. Sementara itu, di Jalan Cendrawasih akan ditempatkan kontainer.

“Nantinya ada 18 kontainer untuk pedagang di Jalan Cendrawasih, lengkap berserta fasilitas seperti kamar mandi, kursi meja lipat, ornamen lampu lampion pergola dan payung serta disediakan konsep live musik.

“Pada hari weekend malam harinya kawasan Jalan Cenderawasih akan ditutup total. Terkait tempat parkir, pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di Jalan Merak atau di sebelah Kantor Pos,” ucap Romi.

Romi mengimbau agar masyarakat menjaga fasilitas yang sudah dibangun setelah pembangunan selesai.

“Kami selaku DPUPR hanya ditugaskan untuk penataan kawasannya saja, untuk penataan pedagang yang ada di sentra kuliner tersebut yang mengelola adalah Dindagkop UKM Kota Pekalongan,” ungkap Romi. (GC.Tim)

Related posts

Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Kota Selesai

Hadi Lempe

Peringati HKBN, 85 Pegawai RSUD Bendan Dibekali Kesiapsiagaan Bencana Gempa

Hadi Lempe

Wamendes PDTT Tinjau Lokasi Desa di Kabupaten Pekalongan

Hadi Lempe

Persiapan Sholat Jum’at, Masjid Kota Pekalongan Disemprot Disinfektan

Hadi Lempe

Pemkot Tindaklanjuti Permintaan Normalisasi Sungai Setu Jenggot

Hadi Lempe

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dandim Minta Prajuritnya Selalu Waspada

Hadi Lempe

Leave a Comment