Tempat Wisata Pekalongan, world’s city of batik
wisata

Tempat Wisata Pekalongan, world’s city of batik

Pekalongan adalah salah satu kota pemroduksi Batik. Dimana batik hasil Pekalongan memiliki ciri yang khas dan juga variatif. Sehingga tak heran jika kota ini masuk dalam jaringan UNESCO. Tepatnya dalam kategori crafts & folk art pada bulan desember tahun 2014 lalu. Dan juga memiliki city branding world’s city of batik.

Kota ini sudah semakin berkembang. Dengan segala kebudayaan dan tradisi yang dimilikinya, kota ini menjadi salah satu tempat favorit para pecinta budaya pulau Jawa/ Indonesia. Bahkan, beberapa tempat makan khas Pekalongan pun menjadi serbuan banyak wisatawan.

Tak hanya itu, Pekalongan juga memiliki banyak spot wisata yang unik dan tak boleh kita lewatkan. Ada beberapa spot wisata yang tak boleh kita lewati begitu saja. Saat kita berlibur atau sekedar singgah di kota ini. Berikut ini beberapa tempat wisata yang ada di Pekalongan yang cocok untuk menjadi tujuan liburan anda.

Museum Batik Pekalongan

Untuk anda yang penasaran dengan motif atau corak batik khas Pekalongan, anda bisa mengunjungi Museum Batik ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam koleksi batik Nusantara yang dibagi dalam tiga ruang pameran. Lokasi tempat ini berada di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan.

Pantai Depok Pekalongan

Tempat wisata berikutnya ini memang memiliki nama yang sama dengan Kota Depok Jawa Barat. Namun, sebenarnya memiliki lokasi yang berbeda. Pantai ini berada di Depok, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Tempat ini sangat cocok untuk menjadi pilihan anda berlibur. Khususnya bagi anda yang ingin mendapatkan ketenangan setelah berkutat dengan rutinitas yang padat. Pantai dengan panorama yang elok, dan ombak yang tenang.

Akan membuatmu rileks dan santai. Ditambah lagi adanya pohon nyiur disekitar pantai. Akan membuatmu menjadi terasa teduh.

Curug Bajing

Spot wisata berikutnya ada wisata alam. Yang penuh dengan kehijauan dan kesejukkan. Disini kamu akan merasakan adanya udara segar, dan alam yang masih asri. Karena curug ini berada di ketinggian 1300 mdpl, dan jauh dari pemukiman warga.

Curug ini memiliki tinggi hingga 70m. terletak di Desa Telogo Parkis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Selain menikmati panorama yang disajikan ditempat ini, kamu juga bisa menikmati kopi khas kawasan ini. Air terjun ini berbentuk seperti perosotan batu yang bertingkat. Untuk bisa sampai anda harus berjalan kaki sekitar 300m setelah parkir.

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

Kini mendaki gunung menjadi salah satu pilihan untuk berlibur. Anda bisa coba spot gunung yang satu ini. Untuk bisa mendapatkan pemandangan secara utuh, anda harus sampai pada puncak Hanoman. Salah satu spot untuk berkumpulnya para wisatawan.

Gunung ini ada di Kecamatan Petungkriyono. Meski ketinggiannya hanya mencapai 1.697 mdpl. Namun, pendakiannya cukup curam dan menantang. Jadi, anda tetap harus berhati-hati.

Pusat Grosir Setono

Selanjutnya, untuk anda yang mau mencari oleh-oleh khas Pekalongan bisa langsung datang kesini. Disini anda bisa mendapatkan berbagai macam motif batik yang unik dan bagus. Apalagi harga yang ditawarkan pun relativ murah-murah. Tempat ini berlokasi di Jalur Pantura.

Curug Cinde

Curug ini berada di Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang. Kurang lebih 24 km dari Tugu Durian, Kecamatan Karanganyar. Saat menuju lokasi anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Disini kamu akan menemukan wilayah yang benar-benar masih asri, dan udara yang segar.

Baca juga: Kota Batik Pekalongan

Related posts

Purna Tugas Camat, Kecamatan Kota Pekalongan Gelar Motor Touring

Widodo

Menyusur Pantai New Zealand-Nya Indonesia, Pantai Menganti

Dedi Ariko

Sejarah Tersembunyi Gunung Kidul Jawa Tengah

Dedi Ariko

Wajib Dikunjungi, Pesona Tersembuyi Keindahan Pantai Menganti di Kebumen

Dedi Ariko

Syawalan Show Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Selamatkan Pantai Pekalongan, Aksi Penanaman Mangrove Digalakkan

Hadi Lempe

Leave a Comment