Ragam Sosial Budaya

Tertutup Enceng Gondok, TNI dan Warga Bersihkan Sungai Bremi

Kota Pekalongan, garudacitizen.Jateng – Guna mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tiba, Babinsa Koramil 01/Pekalongan barat bersama warga kelurahan Tirto dan Kelurahan Pasir Kraton Kramat kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan melaksanakan kerja bakti pembersihan enceng gondok yang menyumbat aliran sungai Bremi. Kamis(15/8/2019).

Dikatakan Danramil 01/Pekalongan Barat Kapten Infanteri Eko Sulistyo, kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir saat musim hujan tiba, karena sungai tersebut sudah tertutup oleh enceng gondok sehingga apabila tidak dibersihkan maka akan menimbulkan banjir.

Selain itu, dengan kegiatan tersebut juga untuk memberi contoh kepada masyarakat, terutama yang dekat dengan aliran sungai Bremi agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Hampir setiap tahun sungai ini selalu kita bersihkan, dan hari ini kita bersihkan lagi enceng gondok yang sudah menutupi seluruh permukaan sungai, karena kalau tidak kita bersihkan pasti saat musim hujan tiba akan mengakibatkan banjir,” terang Kapten Eko.

Ditambahkan Danramil, ada kurang lebih 40 orang setiap hari dari perwakilan warga kelurahan Tirto dan kelurahan Pasir Kramat Kraton serta di bantu TNI dari Koramil 01/Pekalongan Barat yang membersihkan sungai tersebut sampai benar-benar bersih. Dan kegiatan tersebut diprakarsai oleh Pemerintah Kota pekalongan melalui program Padat Karya. (rus/red)

Related posts

Dicanangkan Pioner Kampus Tangguh, IAIN Diharapkan Konsisten Jalankan Protokol Kesehatan

Hadi Lempe

Memaknai Film Battle of Surabaya Secara Filosofis

Widodo

Aksi Bersih Sungai Komunitas Sapulidi di Kali Binatur

Widodo

Wujudkan Pelabuhan Onshore, Pemkot Audiensi dengan KKP

Hadi Lempe

PGRI Selenggarakan Pelatihan Penulisan Bagi Guru

Hadi Lempe

Tradisi Unik Jawa Tengah yang Masih Bertahan di Era Milenial

Dedi Ariko

Leave a Comment