10 Tokoh Terbaik Jawa Tengah yang Menginspirasi
Tokoh

10 Tokoh Terbaik Jawa Tengah yang Menginspirasi

Tokoh Terbaik Jawa Tengah Masa Kini

Bagi Anda yang tinggal di Jawa Tengah. Mungkin Anda sudah mengenal beberapa tokoh terbaik Jawa Tengah. Atau mungkin, Anda sudah pernah mendengar nama mereka. Namun, tidak menyadari jika mereka berasal dari salah satu kota di Jawa tengah. Lantas, siapa saja nama tokoh tersebut?

Berikut beberapa tokoh terbaik masa kini yang berasal dari Jawa Tengah, yang harus Anda tahu, antara lain:

Joko Widodo tokoh fenomenal Indonesia dari Jawa Tengah 

Joko Widodo atau Jokowi. Merupakan tokoh terbaik Jawa Tengah yang pertama. Jokowi merupakan presiden Indonesia yang ke 7. Dengan periode tahun 2014 hingga 2019.

Jokowi lahir di Solo pada tahun 1961. Salah satu lulusan Universitas Gajah Mada, Fakultas Kehutanan.

Beliau awalnya memulai karier politik, dengan menjadi walikota Solo pada tahun 2005. Kemudian, ia menjadi Gubernur. Dan akhirnya menjadi presiden Indonesia.

Baca: Biografi Jokowi

Ganjar Pranowo tokoh Jateng yang santun & tegas

Ganjar Pranowo adalah gubernur Jawa Tengah. Yang memiliki andil besar bagi kemajuan pembangunan di provinsi ini.

Selain itu, ia juga merupakan gubernur yang dekat dengan rakyat, santun, menyenangkan dan tegas.

Sehingga, tidak mengherankan bila Ganjar Pranowo, menjadi sosok gubernur yang banyak disukai masyarakat Jawa Tengah.

Baca tentang Ganjar Pranowo

Taj Yasin Maimoen

Tokoh terbaik Jawa Tengah berikutnya, Taj Yasin Maimoen. Beliau merupakan, wakil gubernur Jawa Tengah. Pria yang lebih sering dipanggil Gus Yasin ini, awalnya merupakan anggota DPRD komisi E Jawa Tengah, periode 2014 hingga 2019 dari fraksi PPP.

Lahir di Rembang, 2 Juli tahun 1983 lalu. Pada tahun 2018, Taj Yasin Maimoen ditunjuk mendampingi Ganjar Prawowo, di pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Baca tentang karier politiknya; Taj Yasin wakil Gubernur termuda sepanjang sejarah Jateng

Ir. H. Budi Santoso, tokoh Jawa Tengah pemilik Suara Merdeka

Lahir di Yogyakarta, Ir. H. Budi Santoso. Merupakan konglomerat Indonesia. Tokoh terbaik Jawa Tengah ini, merupakan pemilik dari Suara Merdeka. Seperti yang diketahui, Suara Merdeka adalah salah satu koran yang paling besar di Jawa Tengah. Ir. H. Budi Santoso pernah menjadi DPD RI.

Periode tahun 2004 hingga 2009, perwakilan Jawa Tengah. Ir. H. Budi Santoso juga menantu dari H. Hetami. Pendiri dari Suara Merdeka. Bukan hanya sebagai pemilik koran Suara Merdeka.

Namun, Budi Santoso juga merupakan pemilik dari organisasi nirlaba (Santoso Foundation). Organisasi ini didirikan untuk memberi kontribusi masyarakat Jawa Tengah, yang sejahtera di berbagai bidang. Seperti ekonomi, budaya, hingga pelayanan publik.

Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi

Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi lahir di Magelang. Pada tahun 1974. Sesudah lulus dari bangku pendidikan Sekolah Menengah Atas, ia melanjutkan program S1 dengan beasiswa STAID (Inisiasi Prof Habibie), di Waseda University, sampai mendapatkan gelar B.Eng di tahun 1988.

Setelah itu, Eniya juga meneruskan pendidikan S2 pada tahun 2000. Dan mendapatkan gelar M.Eng. Sedangkan program doktoral, beliau selesaikan pada tahun 2003 dan bergelar Dr-Eng.

Beliau mempunyai jabatan fungsional, sebagai seorang peneliti utama. Dan memperoleh gelar sebagai Profesor Riset pada tahun 2016, di bidang Teknologi Proses Elektrokimia.

Di tahun yang sama, Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi diangkat menjadi seorang Direktur Pusat Teknologi Material. Dan satu tahun kemudian, menjadi Deputi Kepala BPPT dari tahun 2018 hingga sekarang.

Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi merupakan Deputi Kepala BPPT Teknologi Informasi, Energi serta Material.

Sosiawan LEAK tokoh Jawa Tengah, aktif menolak korupsi

Memiliki nama Sosiawan Budi Sulistyo. Beliau lebih dikenal dengan nama Sosiawan LEAK.

Sosiawan LEAK adalah penyair, aktor, penulis, serta pembicara dari Surakarta. Tokoh terbaik Jawa Tengah ini, menyelesaikan pendidikan tahun 1994 di Universitas Sebelas Maret, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

Beliau juga menjadi tokoh yang aktif dalam gerakan menolak korupsi. Terbukti dari sepak terjangnya menginisiator gerakan “puisi menolak korupsi”. Dari beberapa karyanya tersebut, beliau mendapatkan penghargaan.

Salah satunya, dari yayasan hari puisi Indonesia. Dalam aktivitasnya di dunia seni peran teater, Sosiawan LEAK bertindak sebagai seorang penulis skenario dan sutradara. Pada tahun 1998, Sosiawan LEAK mendirikan kelompok Tonil KLOSED Solo.

Tonil KLOSED Solo adalah kelompok teater yang mendekatkan kesenian pada semua elemen masyarakat. Dan mendorong kesadaran HAM serta demokratisasi melalui seni.

Sutopo Purwo Nugroho

Sutopo lahir di pada 7 Oktober 1969, di Boyolali Jawa Tengah. Sutopo merupakan anak pertama dari ayahnya yang bernama Suharsono Harsosaputro. Dan ibunya yang bernama Sri Roosmandari.

Laki-laki berumur 49 tahun ini merupakan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB. Dalam sebuah wawancara, ia mengatakan bahwa pada tahun 2012, dirinya hampir menjadi profesor peneliti, namun digagalkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, karena posisinya sebagai peneliti Badan Pengkajian dan Penelitian Teknologi (BPPT), yang bekerja di BNPB.

Sutopo adalah alumni Universitas Gajah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Sebelumnya, ia bekerja di pemerintahan. Dan akhirnya kini ditempatkan di BNPB sebagai Direktur Pengurangan Risiko Bencana.

Tiara Andini Prastika sang pengharum nama Indonesia

Tiara Andini Prastika merupakan atlet balap sepeda downhill. Ia berhasil memboyong emas di Asian Games tahun 2018 lalu. Sebelum berhasil menjadi juara di Asian Games tersebut. Ia sudah beberapa kali mengharumkan Indonesia, dengan prestasi gemilang di luar negeri.

Tiara Andini Prastika mengawali kariernya, ketika ia masih berusia 16 tahun. Awalnya ia aktif di cabang road-bike. Namun kemudian, ia memutuskan fokus di cabang downhill.

Tiara sukses mengembangkan minat dan talentanya di tahun 2012, serta 2013 ia meraih juara dalam ajang Kejurnas PB ISSI.

Roby Dwi Antono sang Surealis

Roby Dwi Antono, mungkin Anda belum cukup familiar saat mendengar nama ini. Roby Dwi Antono, merupakan perupa asal Ambarawa Semarang yang harus menjadi perhatian penikmat seni di tanah air.

Lahir tahun 1990, Roby telah memiliki kebiasaan menggambar dari kecil. Ketertarikan yang ia miliki tersebut, mengantarkannya di SMK Grafika dengan jurusan Desain Grafis. Dari ilmu tersebut, Roby sekarang menjadi ilustrator.

Gaya yang diadopsi oleh Roby adalah gaya Surealis. Ia terinspirasi dari Mark Ryden, seniman pop surealis.

Anne Avantie dengan batiknya

Anne Avantie, nama ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Anne Avantie merupakan perancang busana Indonesia. Yang terkenal memiliki begitu banyak koleksi batik. Lahir di kota Semarang pada tahun 1954, ia memiliki nama asli Sianne Avantie.

Bersama dengan kedua orangtuanya, Anne Avantie menghabiskan masa kecil di Solo. Dari bangku sekolah dasar, Anne Avantie sudah menunjukkan bakat di dunia busana. Ia sering membuat kostum untuk grup vokal sekolah, dan berbagai ajang hiburan remaja.

Pada tahun 1989, Anne Avantie mulai berkarier sebagai perancang busana. Dengan modal 2 mesin jahit, awalnya ia banyak membuat kostum penari serta busana yang bercirikan hiasan manik-manik.

Sampai pada tahun 2010, Anne Avantie mempunyai dua butik. Di Grand Indonesia dan Kelapa Gading. Anne Avantie juga mempunyai toko. Yang menjual produk seni dalam negeri hasil dari UKM.

Sekian sekilas biografi tokoh terbaik Jawa Tengah. Semoga Anda bisa meneladani semangat, dan kegigihan mereka.

Related posts

Video Preseden Buruk Di Bazar Murah Partai Perindo Pekalongan

Hadi Lempe

Ganjar Pranowo, Gubernur yang Aktif di Media Sosial

Dedi Ariko

Populerkan Sarung Batik Pekalongan, Walikota Hadiri Sarung Fest 2019

Widodo

AHY : Mari Rapatkan Barisan dan Berjuang Memenangkan Prabowo-Sandi

Widodo

Profil H. M Bowo Leksono, Kiatnya Kembali Ke Kursi DPRD Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Biografi Joko Widodo dari Tukang Kayu Menjadi Presiden Indonesia

Dedi Ariko

Leave a Comment