Berita

Tumbuhkan Nasionalisme, Kesbangpol Gelar LCC Wawasan Kebangsaan

Pekalongan, GC – Untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta meningkatkan wawasan berbangsa dan bernegara pada anak-anak generasi penerus bangsa, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Lomba Cerdas Cermat (LCC) Wawasan Kebangsaan tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan yang berlangsung di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (28/02/2019).

Kegiatan LCC yang dimulai pada pukul 08.00 dibuka secara langsung oleh Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz dan dihadiri oleh Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekalongan, Bambang Sumitro beserta jajaran, Kementerian Agama Kota Pekalongan, Kepala Sekolah dan Pendamping Peserta LCC, serta Peserta LCC tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan.

Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan LCC yang diadakan secara rutin setiap tahun dapat menambah pengetahuan bagi para pelajar SMA sederajat di Kota Pekalongan mengenai wawasan kebangsaan dan pilar-pilar kebangsaan karena menurutnya tantangan generasi muda saat ini sangat luar biasa seiring dengan perkembangan zaman dan adanya arus globalisasi.

“Kami berharap melalui kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dapat semakin menambah wawasan dan pemantapan bagi pelajar SMA sederajat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara demi pembangunan bangsa. Saat ini tantangan generasi muda semakin luar biasa yang bersifat multi dimensi. Era globalisasi dengan terobosan teknologi, komunikasi dan informasi serta perdagangan bebas berpengaruh pada dimensi politik, sosial, budaya dan pertahanan bangsa,” tutur Saelany.

Saelany berharap melalui kegiatan LCC ini juga akan menggugah semangat persatuan dan cinta tanah air di kalangan pelajar sehingga mereka sebagai pemegang estafet bangsa dapat menjadi calon pemimpin bangsa yang cinta tanah air dan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang baik.

“Kegiatan LCC ini diharapkan dapat menambah wawasan kebangsaan dan menumbuhkan kesadaran serta dapat menggugah semangat persatuan dan rasa cinta tanah air. Semangat cinta tanah air dan kebangsaan ini harus selalu dipelihara dan kita aktualisasikan dalam kehidupan sehari-sehari sesuai dengan perkembangan zaman dan tantangan bangsa. Ke depan mudah-mudahan akan lahir generasi muda yang cinta tanah air dengan dibekali nilai-nilai wawasan kebangsaan yang baik.

Ditambahkan Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekalongan, Bambang Sumitro, kegiatan LCC ini diikuti oleh 28 sekolah di tingkat SMA/MA/SMK se-Kota Pekalongan. Masing-masing sekolah mengirimkan 3 delegasi.

“Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari 28 SMA/MA/SMK di Kota Pekalongan dimana masing-masing sekolah mengirimkan 3 orang perwakilan. Lomba ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi melainkan tujuan yang jauh lebih besar dan terpenting adalah dalam rangka memberikan pemahaman kepada para pelajar mengenai wawasan kebangsaan dan pilar-pilar dalam kehidupan kebangsaan dan bernegara melalui LCC sehingga mereka sebagai generasi muda berintelektual yang berbasis kemampuan akademik, para pelajar diharapkan mampu menjalankan peran strategis dalam konteks perubahan sosial di masyarakat menjadi calon pemimpin bangsa di masa mendatang,” imbuh Bambang. (Widodo)

Sumber : Tim Komunikasi Publik Dinkominfo Kota Pekalongan

Related posts

Polresta Pekalongan Musnahkan Ribuan Miras dan Narkoba

Hadi Lempe

Dinkes Persiapkan Kota Pekalongan menuju Kota Bebas BABS atau ODF

Widodo

Geger, Pelaku Perusak Makam di Kota Magelang di Tangkap Warga

Wahono

Sentra Kuliner Bakal Dilaunching April 2019

Hadi Lempe

Pimpin Upacara Bendera, Dandim Minta Pelajar Lebih Cinta Tanah Air

Widodo

Peduli Banjir Pekalongan, PT. Waskita Berikan Bantuan

Widodo

Leave a Comment