Statemen

Wakil Walikota Launching Layanan Konseling Pendidikan

Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pendidikan setempat menyiapkan sebuah ruangan di Dinas Pendidikan di Jalan Maninjau Nomor 16-18, Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur, sebagai tempat layanan konseling untuk sekolah dan masyarakat umum di Kota Pekalongan.

Pekalongan, jateng.garudacitizen.com – Wakil Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE didampingi Bunda PAUD, Hj Khusnul Khotimah dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Pekalongan melaunching Layanan Konseling Pendidikan (#LAKON-DIK) di Aula Rapat Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Jumat (3/5/2019).

Menurut Afzan, permasalahan pendidikan saat ini sangat kompleks, dengan dilaunchingnya Lakon_dik ini permasalahan yang belum tuntas di sekolahan dapat diselidiki penyababnya agar ke depannya tak menyebabkan dampak psikologis bagi anak didik. “Penanganan psikologi anak haruslah tepat, jangan sampai anak didik salah arah, ”tandas Afzan.

Afzan berharap para orang tua dan sekolah berperan untuk menyelesaikan masalah anak didik, jika ada permasalahan jangan disembunyikan dan ditutup, ditakutkan masalah tersebut berimbas ke masalah yang lebih besar. “Layanan konseling ini sebagai tempat bersama memecahkan permasalahan agar masa depan anak tidak terganggu, ”tutur Afzan.

Dipaparkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Drs Soeroso MPd bahwa #LAKON-DIK memiliki empat orang konselor fungsional dan dua konselor yang menjabat struktural. Dengan kapasitas enam orang ini, Soeroso yakin bisa maksimal memberikan layanan konseling. “Kami ingin membantu sekolah, orang tua, dan anak didik dalam menyelesaikan permasalahan. Mlihat permasalahan-permasalahan yang terjadi di sekolah sering tidak tuntas atau tidak selesai dan belum sampai ke akar penyebab masalah, ”terang Soeroso.

Psikologi pendidikan sangat dibutuhkan orang tua dalam menerapkan pola pengasuhan yang baik kepada anak. Ibaratnya seorang anak memukul harus diketahui penyebabnya apa dan pola pengasuhan orang tuanya seperti apa. “Tak hanya membantu sekolah, melalui #LAKON-DIK ini kami berupaya untuk membantu orang tua yang memiliki kesulitan dan ketidaktahuan dalam memberikan pengasuhan, ”jelas Soeroso.

Dalam operasionalnya, layanan konseling bisa sekolah atau masyarakat datang ke #LAKON-DIK dan sebaliknya kami datang ke sekolah atau masyarakat untuk memberikan konseling. Ke depannya Dinas Pendidikan Kota Pekalongan akan segera melengkapi nomor telepon yang dapat dihubungi untuk layanan koseling untuk lembaga pendidikan dan masyarakat umum. (GC.Tim)

Related posts

Penataan Sempadan Kali Loji akan Dimulai

Widodo

Tim Gabungan Sidak Toko Kelontong dan Pasar Modern, Temukan Makanan Minuman Tidak Layak Jual

Widodo

Pemkot Pekalongan Lanjutkan Pengerjaan Tahap II Sisi Timur Alun-Alun

Widodo

Dinkes Sampaikan Cokelat Mermaid Negatif Zat Berbahaya

Widodo

Berantas Peredaran Rokok Ilegal, Satpol PP bersama Tim Gabungan Cukai Intensifkan Operasi Cukai

Widodo

Pengembangan Implementasi PPK dan Literasi sebagai Program Wajib

Hadi Lempe

Leave a Comment