Sosial Budaya

Walikota Launching Sentra Kuliner Perikanan

Pekalongan, GC – Sentra Kuliner Perikanan di Kawasan Technopark Perikanan di Jalan WR Supratman Kota Pekalongan telah dilaunching Walikota Peklaongan, HM Saelany Machfudz SE bersama Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) didampingi Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan dan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Keluarga Kesajhtera (TP PKK) Kota Pekalongan, Kamis (4/4/2019).

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE menyampaikan bahwa peresmian Sentra Kuliner Perikanan Kota Pekalongan ini bersamaan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-113 Kota Pekalongan. “Adanya sentra kuliner yang representatif, bersih, dan nyaman ini harapannya dapat mendatangkan wisatawan. Selain itu, masyarakat semakin menggemari makan ikan karena kelezatan dan kandungan gizinya,” tutur Saelany.

Sentra kuliner perikan sudah tertata, mudah-mudahan ini menjadi pilihan masyarakat untuk tempat bersantap. Ke depannya bahkan Saelany ingin mengundang musikus untuk meramaikan sentra kuliner dan mendatangkan kaum milenial. “Aneka sajian makanan berbasis perikanan di sini beragam, tak hanya untuk selera orang tua, banyak menu untuk kaum milenial tentunya, semoga masyarakat semakin menggemari ikan,” kata Saelany.

Saelany berpesan untuk agar masyarakat ikut mempromosikan dan meramaikan sentra kuliner. Jika sentra kuliner perikanana ini semakin berkembang tentunya dapat mengangkat perekonomian di Kota Pekalongan, khususnya daerah pantai.

Direktur Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) Machmud SP MSc berharap adanya sentar kuliner perikanan ini dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat. “Berbagai forum telah diselenggarakan untuk meningkatkan konsumsi ikan, para ibu-ibu juga harus meningkatkan konsumsi ikan rumah tangga. Pasalnya dengan mengonsumsi ikan dapat mencegah stunting,” ungkap Machmud.

Berbagai upaya telah dilakukan dengan melalukan berbagai inovasi produk perikanana agar memudahkan masyarakat untuk memasak ikan. Ini menjadi tantangan ke depan agar produk ikan mudah dikonsumsi dan mampu meningkatkan gizi. “Dengan mengonsumsi ikan, kita dapat meningkatkan kecerdasan otak, memaksimalkan pertumbuhan, dan sebagainya,” papar Machmud.

Dijelaskan Plt Kepala DKP Kota Pekalongan, Ir Sochib Rochmat MPi, ada sepuluh kios di sentra kuliner perikanan yang menjual berbagai menu berbasik perikanan. “Adanya sentra kuliner perikanan ini menjadi bentuk komitmen kami untuk mengembalikan kejayaan perikanan di Kota Pekalongan serta menyadarkan masyarakat pentingnya gemar makan ikan (Gemarikan) untuk pertumbuhan otak,” terang Sochib. (GC.Tim)

Related posts

Eksplorasi Kemampuan Guru PAUD, Dindik Gelar Porseni

Widodo

Demi Air Bersih, Warga Paninggaran Jalan Kaki 1,3 kilometer

Widodo

Hadiri Musrenbangwil, Ganjar Terus Dorong Potensi Daerah

Hadi Lempe

Peduli Lingkungan, DKP Ajak Bersih Pantai dan Sebar Benih Ikan

Widodo

Jawa tengah Jatungnya Budaya Jawa. Ada 5 yang patut diketahui

Dedi Ariko

Shinta Nuriyah Wahid Ajak Warga Binaan Dialog dan Sahur Bersama

Widodo

Leave a Comment