Press "Enter" to skip to content

Walikota Serahkan Sembilan Sertifikat Akreditasi Puskesmas

Pekalongan, GC – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan terus mendorong puskesmas di Kota Pekalongan untuk akreditasi. Pada rangkaian Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda), Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE menyerahkan sertifikat akreditasi kepada sembilan puskesmas yang telah terakreditasi pada tahun 2017 dan 2018, di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu (10/4/2019). Tak hanya itu penghargaan juga diberikan kepada lima Kelurahan Siaga Aktif Mandiri.

Diungkapkan Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, puskesmas yang lolos akreditasi pada tahun 2017 ada enam puskesmas yang meliputi Puskesmas Tirto, Puskesmas Tondano, Puskesmas Buaran, Puskesmas Noyontaan, Puskesmas Pringrejo, dan Puskesmas Pekalongan Selatan. Pada tahun 2018, tiga puskesmas yang lolos akreditasi yakni Puskesmas Klego, Puskesmas Medono, dan Puskesmas Kramatsari.

Selain penyerahan sertifikat akreditasi, Saelany menyerahkan piagam penghargaan kepada lima Kelurahan Siaga Aktif Mandiri, yang meliputi Kelurahan Sapuro Kebulen, Kelurahan Setono, Kelurahan Kauman, Kelurahan Kalibaros, dan Kelurahan Tirto.

“Untuk penghargaan Kelurahan Siaga Mandiri ini kami berikan karena adanya tingkatan strata kelurahan dari siaga pratama samapai dengan siaga mandiri, dengan beberapa indikator atau komponen capaian kesehatan di tingkat kelurahan, peran serta masyarakat dan lembaga keswadayaaannya, ”ungkap Budi.

Menurut Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE, Dinkes Kota Pekalongan telah memaksimalkan upaya untuk mencapai semua indikator kesehatan. Kendati demikian perlu sinergitas dari berbagai stakeholder.

“Pada dasarnya kesehatan itu melekat pada diri sendiri, bagaimana upaya kita agar kesehatan dapat ditingkatkan. Kota Pekalongan menempatkan kesehatan pada prioritas kedua setelah pendidikan, tentunya mulai dari tataran keluarga, kelurahan, kecamatan, dan kota harus melakukan upaya-upaya gerakan hidup sehat agar produktivitas hidup semakin meningkat, ”tukas Saelany. (GC.Tim)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Web Development by GARUDA.WEBSITE
Garuda Citizen Jateng adalah portal berita online dibawah badan hukum PT. Garuda Citizen. Memuat berbagai konten, seperti: berita politik, hukum, HAM, budaya, tradisi serta peristiwa menarik dan penting.