Nasional

Opra Makabori Pelajar Asal Papua Dikukuhkan Jadi Paskibraka Kota Pekalongan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan HUT RI menjadi impian semua orang, termasuk Opra Makabori (16 tahun) siswi kelas XII asal Jayapura, Papua yang saat ini tengah mengenyam pendidikan melalui program pertukaran pelajar di SMA Negeri 2 Pekalongan.

Opra Makabori terpilih bersama 68 siswa lainnya menjadi tim Paskibraka Kota Pekalongan 2021 dan resmi dikukuhkan oleh Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE di Ruang Amarta Setda, Minggu (18/5/2021).

Saat ditemui usai pengukuhan, Opra Makabori mengaku semangat dan bangga menjadi salah satu tim Paskibraka Kota Pekalongan. Ia juga mengaku, selama persiapan latihan yang dilakukan tidak hanya baris berbaris, tetapi latihan fisik, penguatan ideologi Pancasila, dan sikap nasionalisme dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Dari awal seleksi persiapan luar biasa semangat. Meskipun, jauh dari orang tua tetapi kita harus semangat buat berusaha lulus Paskibraka. Lalu, selama dikarantina agar fisik selalu baik yang dipersiapkan joging, makan teratur, tidur teratur dan menjaga prokes,”ungkap Opra Makabori.

Selama belajar di Kota Pekalongan Opra mengatakan bahwa Kota Pekalongan mempunyai kesan tersendiri. Ia juga mengaku siap melaksanakan tugas sebagai tim Paskibraka pada 17 Agustus mendatang.

“Kesannya luar biasa, orang Pekalongan ini sangat baik-baik jadi betah di kota Pekalongan. Harapannya semoga upacaranya lancar dan tidak terjadi kendala apapun,”pungkasnya.

Semangat Opra mendapat apresiasi dari Walikota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE. Walikota Aaf menyampaikan bahwa ada lima pelajar asal Papua yang saat ini tengah menempuh pendidikan di SMAN 2 Pekalongan dan SMAN 4 Pekalongan, salah satunya Opra Makabori.

“Mudah-mudahan adik-adik Paskibraka Kota Pekalongan ini bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Sebab, menjadi tim Paskibraka tidak mudah, butuh latihan, kerja keras dan semangat pantang menyerah,” tutur Aaf. (HL/Dita)

Related posts

Pemkot Serahkan 54 Sertifikat Tanah

Hadi Lempe

Mekanisme Program PTSL, Program Sertifikat Gratis

Dedi Ariko

Lomba Catur Semarakkan Hari Bhayangkara ke-74 Polsek Pekalongan Barat

Hadi Lempe

MCP KPK, Wujudkan Kota Bebas Korupsi

Hadi Lempe

Cegah Corona, 90 WBP Rutan Terima Asimilasi, 39 Telah Dirumahkan

Hadi Lempe

Panglima TNI dan Kapolri Sambangi Kota Pekalongan

Hadi Lempe

Leave a Comment