Gedung Tenant Tecnopark Perikanan Kota Pekalongan Diresmikan
Berita Ekonomi

Gedung Tenant Tecnopark Perikanan Kota Pekalongan Diresmikan

Kota Pekalongan GC – Pada hari Senin (27/8/2018), Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE, meresmikan Gedung Tenant Tecnopark Perikanan. Turut hadir menyaksikan peremian tersebut diantaranya,  Anggota DPR RI Komisi X, dan BPPT, dan jajaran forkopimda, kepala OPD, camat, stakeholder perikanan, dan instansi di lingkungan pelabuhan di Panjang Wetan, Kota Pekalongan.

Sebelumnya Gedung Tenant sudah soft opening 3 April 2018. Saat ini fasilitas gedung sudah terpenuhi, kini diresmikan dan siap digunakan untuk mengembangkan usaha bidang perikanan. 

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE mengungkapkan bahwa peresmian Gedung Tenant Tecnopark Perikanan ini merupakan serangkaian dari Pameran Inovasi dan Kreativitas Kota Pekalongan 2018, dalam rangka memperingati Harteknas ke-23. “Gedung ini semoga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya bidang perikanan,” ungkapnya.

Kota Pekalongan menjadi titik strategis, Pemkot Pekalongan memfasilitasi sentra-sentra pemasaran. Adanya jalan tol menjadi sebuah tantangan, dua tahun berturut-turut Kota Pekalongan mengalami penurunan pemasaran, tetapi kini sudah meningkat sebesar 45%. Pembangunan pintu keluar jalan tol ke Kota Pekalongan dengan APBN sebesar 54 miliar sudah dinyatakan 70% selesai.

“Harapannya akan ada sinergitas pembangunan wisata pantai dengan tecnopark sehingga orang yang datang ke Kota Pekalongan dapat berwisata di kawasan Utara sembari menikmati olahan ikan, berwisata ke pantai, dan Taman Mangrove,” tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Ir Aris Sidharcahya menjelaskan bahwa pembangunan Gedung Tenant Tecnopark Pekalongan ini dari APBD Kota Pekalongan 2017. Untuk perlengkapan, desain interior, AC, partisi, dan lancar tecnopark dari BPPT. “Tempat ini akan difungsikan sebagai tempat mengindikasikan Tenant dalam mencetak wirausaha baru di bidang perikanan,”kata Aris.

Ditambahkan Aris bahwa gedung ini sebelumnya sudah digunakan  sebagai tempat kegiatan seperti Gemar Makan Ikan, lomba cipta olahan ikan, budidaya ikan yang baik, penandatanganan antara Fakultas Perikanan Unikal dengan DKP Kota Pekalongan, dan lomba ikan hias. “Untuk agenda terdekat pada 5 September 2018 akan diadakan pelatihan kewirausahaan bagus Siswa-Siswi SMK dan putus sekolah, kemudian acara Tecnocamp bagi calon Tenant FGD ikan hias dan ikan budidaya.

Kawasan ini pada prinsipnya menjadi wahana dengan infrastruktur jaringan inovasi yang dikembangkan dalam penguatan inovasi sistem daerah Kota Pekalongan untuk mendukung kluster industri perikanan. Pungkasnya.  (***)

Related posts

Evaluasi K3, Lurah Diminta Ajak Warganya Lebih Giat Jaga Kebersihan Lingkungan.

Hadi Lempe

Driver Gojek Area Pekalongan Diresahkan Order Fiktif

Hadi Lempe

Dandim Pekalongan : Tangkal Budaya Asing Dengan Cinta Tanah Air

Hadi Lempe

Tembus 1 Triliun US Dolar, Indonesia Menjadi Ekonomi Terbaik ke15 Dunia

Dedi Ariko

Jelang Pemilu, Tingkatkan Sinergitas melalui Forum Silaturahmi Antar Umat Beragama dan Sosialisasi Pemungutan Suara Usia Lanjut

Hadi Lempe

Polresta Pekalongan Beri Pelayanan Kesehatan Gratis pada Para Korban Banjir

Hadi Lempe

1 comment

Robbie Agustus 31, 2018 at 8:58 am

Terima kasih, semoga bermanfaathttp://wasabimon.com/

Leave a Comment