Menkop-UKM
Nasional

Menkop-UKM Dorong Para Pelaku UMKM dan Nelayan Optimalkan Digital Marketing

Kota Pekalongan garudacitizen jateng – Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Drs. Teten Masduki mendorong UMKM pangan khususnya para nelayan di sektor perikanan untuk mengoptimalkan pemasaran hasil tangkapan ikannya melalui digital marketing. Terlebih, saat ini di tengah pandemi Covid-19, pemasaran produk melalui dunia digital sudah menjadi tren dunia, termasuk Indonesia.

“Saat ini di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini sangat dirasakan dampaknya bagi UMKM dengan tidak memungkinkannya dilakukan aktivitas transaksi secara langsung. Namun, demikian ada beberapa UMKM yang justru tumbuh penjualannya yakni mereka-mereka yang memanfaatkan teknologi dan terkoneksi dengan layanan digital untuk membantu pemasaran produk mereka. Kemajuan teknologi sudah berkembang pesat, ada tantangan sekaligus peluang yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lebih produktif, sehingga membuka kesempatan pelaku usaha UMKM khususnya di bidang perikanan tetap produktif di kondisi pandemi yang tidak memungkinkan aktivitas transaksi secara tatap muka langsung,” terang Teten saat melakukan kunjungan ke TPI Kota Pekalongan dan berdialog dengan para nelayan di daerah Kota Batik tersebut, Jumat (7/8/2020).

Menurut Teten, kini sudah banyak platform digital yang dapat dimanfaatkan para pelaku di sektor perikanan termasuk nelayan untuk menjual hasil tangkapan ikannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar pelaku UMKM dan nelayan tersebut mampu bersaing diantaranya adalah para pengusaha UMKM dan nelayan harus mampu meningkatkan kualitas produknya, dengan bahan baku yang bagus dan prosesnya transparan.

“Kami ingin semua pelaku UMKM dan nelayan disini bisa memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk mereka karena saat ini 97 persen wilayah Indonesia sudah bisa diakses lewat digital, ini yang jangan disia-siakan mereka, sehingga pemasaran produk mereka bisa lebih luas. Kemudian, untuk mencapai hal tersebut juga diperlukan kemampuan mengelola managemen marketing, standar produk harus terus diperhatikan baik dari mulai proses produksi, pengemasan (packaging) yang higienis dan terbaik, dan lain sebagainya sehingga jika semua itu sudah diterapkan dan dikelola dengan baik akan bisa memberikan keuntungan yang maksimal dan memberi kesejahteraan bagi mereka,” tandas Teten. (HL/Tim)

Related posts

Menkop UKM; Fasilitasi Pembiayaan Mudah Dan Ringan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan

Hadi Lempe

HUT Bhayangkara ke-74, Polres Pekalongan Kota dan Forkopimda Ikuti Upacara Virtual

Hadi Lempe

Setelah Bebas, BTP Bakal Keliling Dunia

Dedi Ariko

Tembus 1 Triliun US Dolar, Indonesia Menjadi Ekonomi Terbaik ke15 Dunia

Dedi Ariko

Mekanisme Program PTSL, Program Sertifikat Gratis

Dedi Ariko

Guna Maksimalkan KIP, Admin OPD Lakukan Pelatihan Website

Hadi Lempe

Leave a Comment