Ragam

Wawalkot Pekalongan Awali Vaksinasi Covid-19 di Kota Pekalongan

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng– Wakil Walikota Pekalongan, H .A Afzan Arslan Djunaid S.E menjadi orang pertama di Kota Pekalongan yang menerima suntikan vaksin Covid-19. Penyuntikan vaksin tersebut dilaksanakan di Aula RSUD Bendan Kota Pekalongan, Senin (25/1/2021).

Bersamaan dengan Aaf, vaksinasi juga dilakukan kepada sembilan perwakilan Pemkot Pekalongan, forkompinda dan tokoh masyarakat diantaranya, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih S.E Msi, Ketua Komisi A DPRD Kota Pekalongan, Fauzi Umah Lahji S.E, Kepala Dinas Kesehatan, Dr Slamet Budiyanto S.K.M MKes, Dandim 0710 Pekalongan, Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan SIP, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Mochammad Irwan Susanto, perwakilan Kajari, Dian Ardianto SE, dan tokoh masyarakat.

Sebelum penyuntikan, Aaf dan rombongan secara bergantian melakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Tim vaksinator yang menyuntik Aaf tampak tenang dan santai. Usai disuntik, Aaf menyampaikan tidak merasakan sakit seperti yang ditakutkan oleh masyarakat. Ia juga mengingatkan, meskipun sudah dilakukan vaksinasi tetapi jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

“Pagi ini (25/1) saya bersama forkopimda, tokoh masyarakat, ketua NU, dan tokoh agama, semuanya lolos memenuhi syarat penerima vaksin covid-19 Sinovac. Saya tidak gemeteran, rasanya seperti disuntik biasa kaya digigit semut. Prosesnya tadi juga cepat,” ujar Aaf.

Aaf menegaskan kepada masyarakat agar tidak perlu takut dan ragu. Setelah menunggu sekitar 30 menit, Aaf tidak menampakan keluhan atau efek samping. “Jangan takut untuk divaksin. Vaksin itu bisa menambah imun tubuh dan sebagai pencegahan terhadap virus Covid-19. Tapi tetap jangan lupa menjaga prokes, pakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak,” kata Aaf.

Sementara itu, Kepala Dinkes setempat, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksin akan dilakukan secara bertahap yakni tahap I menyasar tenaga kesehatan, tahap II dengan sasaran pelayanan publik meliputi ASN, TNI, dan POLRI, serta tahap III menyasar masyarakat umum. Pelaksanaan Vaksinasi tahap I dimulai hari ini, Senin (25/1) dan dilanjutkan tiga hari ke depan dengan sasaran tenaga kesehatan.

“Jumlah Tenaga Kesehatan yang ter-registrasi hingga saat ini sebanyak 3.037 dan ditargetkan selesai pada tanggal 28 Januari 2021. Untuk perputaran pertama, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di RSUD Bendan, RSU Budi Rahayu dan RS Hermina,” kata Budi.(HL/Sekar)

Related posts

Kodim Pekalongan Lepas 2 Perwira dan Serah Terima Jabatan Danramil

Widodo

Pemkot Keluarkan Surat Edaran, Sholat Idul Fitri di Rumah

Hadi Lempe

UPTD BLK Buka Pendaftaran Angkatan Kerja I

Hadi Lempe

Pengurus Koperasi Wajib Bersertifikasi dan Ikuti Perkembangan IPTEK

Hadi Lempe

Calon Mbak dan Mas Duta Wisata kota Pekalongan Diseleksi

Widodo

Penemuan Mayat Di Pasar Bojong, Polisi Lakukan Olah TKP

Widodo

Leave a Comment