Dinkominfo
Ragam

Pemkot Ikuti Uji Publik KIP 2020, Masuk 19 Besar

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng– Pemerintah Kota Pekalongan mengikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (KIP) yang dilakukan virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, bertempat di Ruang Posko Covid-19, Kamis (26/11/2020. Pemkot Pekalongan menjadi salah satu kota yang akan bersaing dengan 19 kabupaten/kota se-Jateng.

Walikota Pekalongan, HM Saelany Mahfudz SE, mempresentasikan penyelenggaraan keterbukaan informasi publik di Kota Pekalongan sekaligus sejumlah penanganan Covid-19.

Usai mengikuti kegiatan, Sekda memaparkan terkait penanganan Covid-19 yang secara masif dilakukan, baik dari sisi penganggaran, kebijakan maupun kolaborasi dengan masyarakat. Di harapkan mendapatkan hasil terbaik.

“Tadi sudah disampaikan oleh walikota apa yang sudah dilakukan Pemkot, termasuk bagaimana masyarakat dapat mengakses informasi terkait Covid-19 melalui website corona.pekalongankota.go.id. Selain itu untuk hasil evaluasi, kekurangan-kekurangan akan kami perbaiki agar kedepan lebih baik lagi,” ungkap Ning.

Ditambahkan oleh Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi mengatakan, bahwa sejumlah Inovasi dilakukan Pemkot dalam menangani Covid-19. Penyampaian informasi publik dilakukan melalui beberapa kanal seperti website, media sosial maupun melalui jogo tonggo.

“Yang diujikan terkait penganggaran Covid-19, mengenai pengadaan barang jasa termasuk bagaimana keterbukaannya. Selain itu juga termasuk bagaimana upaya mencegah korupsi dalam pengadaan barang dan jasa tersebut. Dari sisi penganggaran dinilai sudah baik sesuai aturan, hal ini terbukti Pemkot mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) tambahan sebanyak dua kali untuk penanganan Covid-19,” tutur Yos.

Sebelumnya Kota Pekalongan berhasil meraih kategori Informatif Utama dalam acara Penganugerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Tingkat Jawa Tengah di Semarang dan tahun 2019 berhasil memperoleh kategori Informatif. Ia berharap di tahun ini Kota Pekalongan dapat kembali memberikan yang terbaik. ” Harapannya bisa memberikan lebih terbaik, minimal bisa seperti tahun lalu. Melihat nilai sebelumnya, target kami bisa memperoleh kategori informasi utama,” kata Yos.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih SE MSi, Kepala Bappeda, Ir Anita Heru Kusumorini MSc, Kepala Dinkominfo, Yos Rosyidi SIP MSi, Plt Sekretaris dan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, Nurul Indrawati SH MH, Kepala Seksi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dan Layanan Informasi Publik, Dr Kusuma Adi Achmad SE MT dan sejumlah OPD terkait. (HL/Tim)

Related posts

Innalillahi Wainnaillaihi Rojiun, Polres Pekalongan Berduka

Widodo

Festival Sarung Batik,Di HUT Kota Pekaloangan

Hadi Lempe

Konsep Sedekah, Angkringan Gratis Goes Semar Resmi di Launching

Widodo

Olahraga Bersama, Apel Danramil dan Babinsa Kodim Pekalongan

Widodo

Pastikan Air Minum Laik, Dinkes Cek Depot Air

Hadi Lempe

Penataan Arus Lalin, Dishub Evaluasi Jalan Satu Arah Perkotaan

Hadi Lempe

Leave a Comment