Dinkes Kota Pekalingan
Ragam

Pemkot Siap Fasilitasi Swab Tes Gratis bagi Masyarakat

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng– Dalam rangka menekan tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 di Wilayah Kota Pekalongan, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti swab tes gratis.

Seperti yang tengah digalakkan oleh Kecamatan Pekalongan Utara yakni memberikan kesempatan bagi warganya yang ingin mengecek status kesehatannya terhadap Covid-19 untuk bisa mengikuti tes swab secara gratis. “Hal itu dikatakan oleh Camat Pekalongan Utara Camat Pekalongan Utara, Sri Karyati SSTP saat ditemui di kantornya, Rabu (14/10/2020).

Karyati menjelaskan mekanisme pendaftaran yang harus dilakukan masyarakat untuk mengikuti swab test gratis ini. “Mekanisme sudah kami sampaikan kepada lurah untuk memberikan informasi kepada warganya, melalui RT ataupun RW. Jadi masyarakat yang berminat melakukan swab test kita data dari kelurahan masing-masing dan selanjutnya akan diusulkan ke Dinkes,” papar Karyati.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin mendaftar wajib melampirkan dokumen data diri pendukung seperti fotokopi KTP atau KK. “Data diri pendukung tersebut akan diinput di aplikasi, jadi nanti akan terdaftar,” terang Karyati.

Diungkapkan Karyati, swab tes massal bagi masyarakat yang telah mendaftar akan diusulkan ke Dinkes agar dapat menentukan waktu tes swab. “Setelah terdaftar, masyarakat tinggal menunggu jawaban dari Dinkes apakah tes swab akan dilakukan di masing-masing kelurahan, secara kolektif di kecamatan, ataupun di Rumah Sakit Hermina,” tandas Karyati.

Terpisah, Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Dr Slamet Budiyanto SKM MKes menjelaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan tengah masif menyelenggarakan swab tes dengan harapan dapat mencegah merebaknya penularan Covid-19 di Kota pekalongan. “Kami tak hanya menggalakkan swab tes di kalangan ASN tapi juga untuk masyarakat,” pungkas Budi.(HL/Tim)

Related posts

Festival Sarung Batik,Di HUT Kota Pekaloangan

Hadi Lempe

PPKM Darurat Hari Kedua: Semakin Tegas

Hadi Lempe

Ikrarkan Pencanangan Pembangunan ZI, Dinperkim Siap Wujudkan Birokrasi Bersih

Hadi Lempe

Walikota Serahkan THT : Purna Tugas ASN Jadi Pelopor Prokes

Hadi Lempe

Dandim Pekalongan Pimpin Ziarah di TMP Prawiro Rekso Negara

Widodo

HAN 2020, Peran Pengawasan Orang Tua Terhadap Proses Belajar Anak Di Rumah Ditekankan

Hadi Lempe

Leave a Comment