Satpol PP Pekalongan Bongkar 13 Jamban Helikopter
Statemen

Satpol PP Pekalongan Bongkar 13 Jamban Helikopter

Kota Pekalongan, garudacitizen.Jateng – Guna mendukung program Pemerintah Kota Pekalongan menuju Kota Bebas Buang air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan. Membongkar 13 jamban helikopter yang didirikan di atas saluran irigasi empat lokasi di Kelurahan Gamer, Kecamatan Pekalongan Timur. Jumat (23/8/2019).

Dengan mengerahkan 15 personil, Satpol PP Kota Pekalongan memberikan pembinaan. Sekaligus memasang spanduk larangan BABS karena dapat mengganggu kesehatan masyarakat di lingkungan tersebut.

Satpol PP Kota Pekalongan Bongkar 13 Jamban Helikopter

Hal ini diungkapkan Petugas Tindak Internal (PTI) Satpol PP Kota PekaLongan, Subakti usai memimpin regu pembongkaran. “Jamban yang didirikan di atas irigasi termasuk bentuk pelanggaran, Satpol PP bertugas menegakkan. Masyarakat harus memiliki jamban di setiap rumahnya. Sehingga lingkungan tidak kumuh dan mengganggu kesehatan masyarakat di lingkungan tersebut,” terang Bakti.

Sementara Lurah Gamer, Achmad Anas mengungkapkan. Bahwa pembongkaran ini dilakukan sebagai tindak lanjut rencana Pemerintah Kota Pekalongan untuk mengentaskan masyarakat dari BABS. “Kami ucapkan terim kasih kepada Satpol PP Kota Pekalongan yang andil dalam pembongkaran jamban helikopter ini, semoga masyarakat dapat bersinergi dan mendukung upaya pengentasan BABS ini,” kata Anas.

Spanduk bertuliskan “Awas Akan Ada Operasi Berak Sembarangan” telah dipasang di tepi saluran irigasi ini sebagai imbauan kepada masyarakat agar tidak BABS. Dijelaskan Anas, bahwa jika ditemukan masyarakat yang didapati BABS akan diberi pembinaan oleh kelurahan. Jika masih bandel akan diviralkan dan berlanjut menjadi catatan untuk tidak dapat menerima bantuan dari Pemerintah Kota Pekalongan.

Hadir memantau Sekretaris Kecamatan Pekalongan Timur, Mahbub Syauqi, SH. Menuturkan bahwa kerjasama dari berbagai elemen harus didukung dengan peran masyarakat untuk ikut membuat tulisan ajakan agar tidak BABS. Saling memberikan peringatan jika ada yang BABS. “Untuk menyukseskan Program Kota Pekalongan Bebas BABS atau ODF tahun 2019 ini, Kecamatan Pekalongan Timur mengintensifkan tiga kelurahan yakni Kelurahan Gamer, kelurahan Klego, dan Kelurahan Poncol,” beber Mahbub. (GC.Tim)

Related posts

BKD Bentuk Tim Lakukan Monitoring SPPT-PBB Langsung Pada Masyarakat

Widodo

Dinkes Imbau Masyarakat Kota Pekalongan Hati-Hati Konsumsi Jajanan Kemasan

Widodo

TNI Bantu BPBD Kabupaten Pekalongan Salurkan Air Bersih Kepada Warga Pecakaran

Widodo

Temu Kangen Alumni Pramuka Saka Bahari, Terbentuk Pengurus FKAB

Widodo

Wakil Walikota Launching Layanan Konseling Pendidikan

Widodo

Pemkot Pekalongan Terima Penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Widodo

Leave a Comment