Press "Enter" to skip to content

Patut Bangga, Inilah 4 Kebudayaan Jawa yang Diakui UNESCO

Kebudayaan Indonesia sangatlah banyak dan beragam. Tidak sedikit pula yang telah diakui UNESCO. Di Antaranya terdapat 4 kebudayaan Jawa yang diakui UNESCO, sebagai warisan dunia.

Kita harus bangga hal itu, karena dengan diakui oleh UNESCO, menandakan bahwa kebudayaan tersebut telah resmi diakui sebagai kebudayaan asli dari suku Jawa. Selain itu, kebudayaan tersebut dapat lebih dikenal oleh dunia.

Berikut ulasan dari 4 kebudayaan Jawa yang telah diakui UNESCO.

Seni Pertunjukan Wayang Kulit

Wayang merupakan kesenian pertunjukan drama tradisional yang berkembang di daerah Jawa dan Bali. Wayang kulit salah satunya yang berkembang di Jawa Tengah. Wayang kulit cukup terkenal karena masih banyak yang memainkan seni pertunjukan wayang. Eksistensi wayang kulit masih bisa bertahan ditengah banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, wayang kulit telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2003.

Wayang kulit adalah kesenian asli Jawa yang biasanya dimainkan untuk seni pertunjukkan rakyat. Pertunjukkan wayang kulit dengan cara memainkan boneka wayang yang terbuat dari kulit. Boneka wayang tersebut digerakkan oleh seorang dalang. Kemudian diiringi oleh suara gamelan serta nyanyian penyanyi sinden. Pertunjukkan wayang kulit memang mempunyai daya tarik sendiri. Sangat pantas apabila wayang kulit termasuk dalam kebudayaan jawa yang diakui UNESCO. Kita layak untuk berbangga hati.

Senjata Tradisional Keris

Keris adalah senjata tradisional Jawa Tengah yang paling terkenal. Keris dikenal dengan senajata tradisional yang mempunyai nilai seni tinggi. Bentuk keris beserta lekukan-lekukannya mempunyai makna tersendiri. Ukiran yang ada pada keris juga penuh akan makna dan keindahan. Sebagai senjata, pada jaman dahulu keris juga dikenal sebagai senjata yang memiliki daya serang tinggi. Pembuat keris pada jaman dahulu pasti dikenal sakti dan disegani oleh masyarakat.

Keunggulan Keris yang kaya akan nilai dan makna inilah yang membuatnya dapat diakui oleh UNESCO. Senjata tradisional Keris sudah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2005. Keris memang sudah mengalami perubahan fungsi. Pada jaman dahulu keris digunakan sebagai senjata tajam. Akan tetapi saat ini hanya digunakan sebagai aksesoris dan koleksi benda sejarah. Walaupun fungsinya sudah berubah, kita harus tetap menjaga kelestariannya agar tidak punah.

Kain Tradisional Batik

Batik terkenal akan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi. Pola dan motif dalam batik juga kaya akan makna. Dahulu batik identik dengan pakaian adat suku Jawa, yang dipakai oleh orang suku Jawa saja. Akan tetapi pada saat ini batik sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan dengan berbagai bentuk dan motif. Tidak heran apabila Batik masuk dalam warisan kebudayaan jawa yang diakui UNESCO sejak tahun 2009.

Musik Tradisonal Gamelan 

Gamelan adalah kumpulan alat musik tradisional yang menghasilkan musik yang khas. Gamelan biasanya dimainkan untuk mengiringi pertunjukkan wayang. Akan tetapi sering pula dimainkan pada saat acara khusus seperti upacara adat, upacara agama, perayaan pesta rakyat, mengiring tarian, hingga dimainakn untuk keluarga kerajaan. Dibandingkan dengan 3 kebudayaan di atas, gamelan dapat dikatakan yang paling baru dinyatakan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Gamelan merupakan salah satu kebudayaan jawa yang diakui UNESCO pada tahun 2014 lalu.

Indonesia terkenal akan kekayaan budayanya yang sangat beragam. Keberagaman ini harus kita hormati dan kita jaga. Kita juga harus bangga dengan banyaknya kebudayaan Indonesia yang telah diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Bangga bahwa 4 diantaranya adalah kebudayaan Jawa. Kebudayaan Jawa yang diakui UNESCO harus kita lestarikan begitu juga dengan kebudayaan-kebudayaan lainnya.

Baca juga: Destinasi Wisata Pantai Jawa Tengah

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Web Development by GARUDA.WEBSITE.
Garuda Citizen Jateng adalah portal berita online dibawah badan hukum PT. Garuda Citizen. Memuat berbagai konten, seperti: berita politik, hukum, HAM, budaya, tradisi serta peristiwa menarik dan penting.