Ragam

BPBD Bantu Evakuasi Lansia Yang Terbaring Sakit

Curah hujan berangsur tinggi berdampak bagi beberapa wilayah di kota Pekalongan terendam banjir

Kota Pekalongan Garudacitizen Jateng – Banjir kembali melanda Kota Pekalongan akibat hujan lebat pada Rabu (3/2/2021) yang menyebabkan 16 kelurahan terdampak banjir, salah satunya di wilayah Randujajar, Pasir Sari, Kelurahan Pasir kraton kramat, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Sejumlah warga di wilayah tersebut pun mulai mengungsi ke tempat aman akibat ketinggian banjir sudah mencapai 60 sentimeter.

Selaku Satgas BPBD Kota Pekalongan, Imam Sulistyo, ada beberapa warga yang terjebak banjir di dalam rumahnya dan meminta tolong untuk segera dievakuasi petugas karena rumahnya tergenang banjir cukup parah. Sementara ada 2 lansia yang sedang sakit dan dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Dua lansia berusia sekitar 70 tahun tersebut berdomisili di Kelurahan Pasir kraton kramat, Kecamatan Pekalongan Barat dan Celumprit, Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara dan dalam kondisi sakit.

Evakuasi Korban Banjir

“Dari kejadian banjir semalam akibat hujan lebat, air di wilayah Randujajar semakin meninggi, kami langsung dari semalam sudah melakukan koordinasi dengan RT dan RW setempat untuk mengkondisikan warga yang rumahnya sudah terendam banjir,” tutur Imam usai mengevakuasi 2 lansia korban banjir yang sakit, Kamis(4/2/2021).

Menurutnya, kedua lansia yang sakit tersebut langsung dievakuasi ke rumah sanak saudaranya yang lebih aman. Selain mengevakuasi lansia yang sakit, BPBD juga mengevakuasi sejumlah warga Randujajar sebanyak 17 orang untuk mengungsi ke tempat pengungsian yang disiapkan di Aula Kelurahan Pasir kraton kramat.

“Kami bawa ke tempat-tempat yang lebih tinggi. Beberapa lansia ada yang dievakuasi ke rumah saudaranya, sementara untuk warga yang rumahnya terendam banjir di Randujajar ada 17 orang dibawa ke Kelurahan Pasir kraton kramat. Kami sudah evakuasi seperti anak-anak, wanita dan warga lanjut usia dahulu, tim Satgas dan relawan pun selalu standby memonitor titik-titik banjir dan mengevakuasi warga apabila dibutuhkan,”tandasnya. (Aina/tim)

Related posts

Civitas Akademika Diajak Edukasikan Pentingnya Penerapan Disiplin Prokes Di Tengah Masyarakat

Hadi Lempe

Pemkot Pekalongan Gelar Temu Catur Pilar

Hadi Lempe

Gudep Rutan Batang Adakan Pelatihan Pramuka, Ini Harapan Kepala Rutan

Hadi Lempe

Dindik Kota Pekalongan Bersama Bunda PAUD Gelar Pekan Parenting dan Konseling Guna Semarakan HAN 2021

Hadi Lempe

Pembangunan Wisata Air Terbesar Di Targetkan Selesai Akhir Tahun

Hadi Lempe

Ledakan di Pengolahan Jeans, Seorang Pemuda Alami Patah Tulang

Widodo

Leave a Comment