Sosialita

Pemkot Gencar Lakukan Rapid Test di Tempat Keramaian, 15 Warga Kota Pekalongan Dinyatakan Reaktif

Kota Pekalongan garudacitizen jateng – Sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 terus gencar menggelar uji cepat (rapid test) di sejumlah tempat keramaian, seperti hal nya dilakukan di Pasar Tradisional Banyurip dan Pasar Modern Superindo Kota Pekalongan, Rabu (27/5/2020).

Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz,SE didampingi Kepala Dinas Kesehatan,Dr. Slamet Budiyanto, SKM, MKes dan Kepala OPD lainnya memantau secara langsung pelaksanaan rapid test tersebut. Pada kesempatan tersebut, Saelany menyampaikan bahwa rapid test secara massif dan acak akan terus dilakukan di sejumlah lokasi keramaian seperti di Pasar tradisional dan pusat perbelanjaan.

“Jadi memang rapid test ini terus dilakukan mulai sejak sebelum Lebaran Idul Fitri di beberapa lokasi keramaian, kebetulan hari ini ada di Pasar Tradisional Banyurip dan Pasar Modern Superindo. Semua pasar dan pusat perbelanjaan nantinya akan kami sasar untuk dilakukan rapid test,” tutur Saelany.

Disampaikan Saelany, di setiap lokasi yang disasar, dilakukan rapid test minimal untuk 40 orang secara acak baik pedagang, pengunjung, dan karyawan.

“Kita tunggu hasilnya terlebih dahulu dan akan disampaikan Pak Kadinkes selaku Jubir Covid-19 Kota Pekalongan, jika ditemukan reaktif dari sample hari ini,maka untuk mengetahui apakah itu positif atau tidak, nanti akan dilakukan test kedua. Terkait sasaran untuk semua pegawai Pemkot dan pelayanan kesehatan yang juga berinteraksi lanngsung dengan banyak orang nanti akan kami lakukan setelah ini, yang paling penting untuk masyarakat umum dulu,” tegas Saelany.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Dr. Slamet Budiyanto, SKM, MKes, sekaligus Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan, menyebutkan bahwa di lokasi pertama dilakukan rapid test yakni di Pasar Tradisional Banyurip, dari 43 sampel yang didapat, 10 sampel dinyatakan reaktif.

“Di Pasar Banyurip tadi dari 43 orang yang di rapid test, 10 orang hasilnya reaktif terdiri dari 7 orang warga Kota Pekalongan, 1 orang dari Kabupaten Pekalongan, dan 2 orang dari Kabupaten Batang. Mereka macam-macam profesinya,ada pedagang, pembeli maupun tukang parkir,” papar Budi.

Lebih lanjut, Budi menambahkan sementara di lokasi kedua, Pasar Modern Superindo, dari 42 sampel yang diperiksa, 10 sampel diantaranya juga menunjukkan hasil reaktif. Terkait hasil tersebut, pihaknya akan melakukan tracking terhadap anggota keluarganya masing-masing dan meminta isolasi mandiri secara ketat di rumah khususnya untuk hasil reaktif yang merupakan warga Kota Pekalongan ( total 15 orang). Sedangkan, untuk warga luar Kota Pekalongan, hasilnya akan disampaikan ke pemerintah daerah masing-masing agar dapat menjadi perhatian dan dilakukan penanganan lebih lanjut.

“Hasil sampel di Superindo juga sama, dari 42 sampel, ada 10 orang reaktif terdiri dari 8 orang warga Kota Pekalongan, dan 2 orang dari Kabupaten Pekalongan. Tindakan kami selanjutnya sambil menunggu tes berikutnya, mereka kami minta untuk isolasi mandiri terlebih dahulu dan tracking pada anggota keluarganya masing-masing. Dua hari atau tiga hari ke depan, mereka akan di Swab test untuk pasien yg reaktif asal Kota Pekalongan, untuk warga luar Kota Pekalongan, kami koordinasikan dengan pemerintah daerah masing-masing untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Selanjutnya, kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Banyurip,” tandas Budi. (HL/Aina)

Related posts

79 Penyandang Disabilitas Menerima Bantuan Sosial Berupa Paket Sembako

Hadi Lempe

Populerkan Sarung Batik Pekalongan, Walikota Hadiri Sarung Fest 2019

Widodo

Ini Dia Spot Wisata Instagramable yang Hits di Jawa Tengah

Dedi Ariko

Pemkot Segera Kucurkan Bantuan Uang Tunai Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Hadi Lempe

Harlah Kopena Ke. 25 : Hadiah Umroh Untuk Pemenang Senam Sehat.

Hadi Lempe

Pemkot Jadi Objek Study Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas

Hadi Lempe

Leave a Comment