Sosial Budaya

Aksi Bersih Sungai Komunitas Sapulidi di Kali Binatur

Kota Pekalongan, garudacitizen.JatengKomunitas Sapulidi kota Pekalongan menggelar kegiatan aksi bersih sungai. Rencananya kegiatan awal berlangsung selama dua hari, yakni hari sabtu sampai dengan minggu (14-15/9/2019). Bertempat di kali Binatur, kelurahan podosugih, kecamatan pekalongan barat.

Saat ini, kondisi kali Binatur penuh dengan sampah dan limbah. Airnya pun tampak berwarna hitam keruh, bau tak sedap dan menjadi sarang nyamuk. Sampah-sampah plastik dan dedaunan terlihat berserakan di aliran sungai. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan membuat sungai semakin dangkal dan sempit.

Kondisi awal kali Binatur sebelum dibersihkan

Komunitas Sapu lidi (Sadar Peduli Lingkungan) kota Pekalongan, dengan bermodal niat yang tulus peduli terhadap lingkungan, menggunakan alat manual seadanya, seperti garu sampah, cangkul dan sabit. Turun langsung ke kali Binatur untuk membersihkan sampah plastik dan dedaunan yang menutup aliran sungai. Hal itu dilakukan sebagai bagian untuk menggugah kesadaran masyarakat supaya menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di sungai.

Saat ditemui garudacitizen, Dicko Handono, Ketua Komunitas Sapulidi, mengatakan “Kondisi kali Binatur ini sangat memprihatinkan. Banyak sekali tumpukan sampah dan bau kali tak sedap (banger). Limbah rumah tangga, limbah batik dan limbah industri masuk ke kali ini, tetapi airnya tidak mengalir. dikarenakan pintu air tidak dibuka, tidak berfungsi sebagimana mestinya,” paparnya.

Aksi bersih sungai “Komunitas Sapulidi” di kali Binatur kota Pekalongan

Dicko menambahkan, kita akan fokuskan dulu di kali binatur ini, kita akan agendakan menjadi kegiatan rutin disini sampai selesai. selain aksi bersih sungai, kita juga akan lakukan kegiatan edukasi langsung kepada warga disini. Dengan tujuan membentuk kesadaran pada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

Siwanto, selaku ketua RT setempat mengucapkan rasa terimakasih kepada komunitas sapulidi. Yang sudah berkenan membantu membersihkan kali binatur di lingkungannya.

Simak video berikut :

“Kami ucapkan terimakasih kepada kawan-kawan komunitas sapulidi kota Pekalongan. Yang sudah berkenan membantu membersihkan kali binatur di lingkungan kami. Harapan kami, setelah kegiatan ini warga di lingkungan kami juga tergugah untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan selanjutnya,” ujar Siswanto.

Kali Binatur kota Pekalongan, sesudah dibersihkan

Lanjut Siswanto, Harapan kami kedepan semoga warga di lingkungan kami memiliki kesadaran pola hidup bersih, menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah di sungai. kami ingin kali Binatur menjadi jernih kembali,” pungkasnya. (Widodo)

Related posts

Wapress Pekalongan Gelar Musik Reggae “Pasir Kencana Beach Reggae Party 2019”

Widodo

Tradisi Unik Jawa Tengah, Mulai upacara adat, kehidupan setiap hari, dan perayaan

Dedi Ariko

Java Balloon Festival Pekalongan 2019, Kelompok Amanah Sambirejo Tirto Raih Juara Pertama

Widodo

Bambangan Cakil, Tari Khas Jawa Tengah

Dedi Ariko

TNI Koramil 14/Kandangserang Ajak Petani Gunakan Pupuk Ramah Lingkungan

Widodo

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Pahlawan Bangsa

Widodo

Leave a Comment